UPAYA ORANG TUA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN PENDIDIKAN ANAK PADA KELUARGA NELAYAN DESA BANDENGAN KECAMATAN JEPARA KABUPATEN JEPARA

Mutoharoh , 1201412037 (2016) UPAYA ORANG TUA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN PENDIDIKAN ANAK PADA KELUARGA NELAYAN DESA BANDENGAN KECAMATAN JEPARA KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1073Kb)

    Abstract

    Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah bagaimana upaya orang tua dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak, bagaimana kendala dan faktor pendukung yang dihadapi orang tua dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak. Tujuan meliputi 1) mendeskripsikan upaya orang tua dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak, 2) mendeskripsikan kendala dan faktor pendukung yang dihadapi orang tua dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak. Penelitian dilakukan di Desa Bandengan pada keluarga nelayan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek terdiri atas 3 keluarga nelayan dan 2 informan yaitu anak nelayan dan tetangga nelayan. Fokus penelitian ini adalah upaya orang tua dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak, kendala dan faktor pendukung yang dihadapi orang tua dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan Data dengan metode triangulasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, upaya yang dilakukan oleh orang tua dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak dapat dilihat dari beberpa indikator yaitu: 1) pemilihan pendidikan untuk anak, 2) cara orang tua mendidik, 3) suasana rumah, 4) penyediaan fasilitas belajar anak. Kendala yang dihadapi oleh orang tua adalah seringnya terjadi kesalahpahaman antara suami dan istri, pendapatan yang rata-rata yang hanya cukup digunakan untuk kebutuhan seharihari, kurangnya kesiapan orang tua terhadap pendidikan anak, jarak tempuh dan keberadaan rumah yang jauh dari keramaian. Faktor pendukung yaitu: 1) masingmasing keluarga nelayan sudah memiliki cara untuk mengatasi persoalan rumah tangga dengan cara yang berbeda, 2) para nelayan masih memiliki pekerjaan sampingan untuk mencukupi kebutuhan lainnya, 3) penggunaan prinsip gali lubang tutup lubang jika diperlukan, 4) adanya perbaikan sarana transportasi serta pemenuhan alat transportasi bagi para nelayan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemilihan sekolah untuk anak, cara orang tua mendidik, suasana rumah yang berpengaruh dan penyediaan fasilitas belajar pun menjadi hal utama dalam upaya orang tua dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak. Saran untuk keluarga nelayan yaitu: 1) diharapkan para orang tua lebih memperhatikan pendidikan anak dengan memberikan fasilitas yang cukup serta memberikan dorongan motivasi pada anak agar melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. 2) Perlu adanya pelatihan mengenai manajemen hasil pendapatan nelayan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi keluarga nelayan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anak, Upaya Orang Tua, Keluarga Nelayan
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 24 Oct 2016 07:46
    Last Modified: 24 Oct 2016 07:46

    Actions (login required)

    View Item