MANAJEMEN KURIKULUM DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) PESANTREN (STUDI KASUS DI MTs AL HIKMAH 2 DESA BENDA KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES)

Qy Atqia , 1102412065 (2016) MANAJEMEN KURIKULUM DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) PESANTREN (STUDI KASUS DI MTs AL HIKMAH 2 DESA BENDA KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2739Kb)

    Abstract

    Manajemen kurikulum merupakan substansi manajemen yang utama di sekolah. selain itu, sebagai upaya pencapaian tujuan pendidikan yang efektif dan efisien manajemen kurikulum memiliki peran yang sangat penting karena pada dasarnya sekolah merupakan suatu sistem yang didalamnya melibatkan berbagai komponen dan sejumlah kegiatan yang perlu dikelola secara baik dan tertib. Penelitian ini bertujuan untuk mngetahui: (1) perencanaan kurikulum; (2) pengorganisasian kurikulum; (3) implementasi kurikulum; (4) evalasi kurikulum; dan (5) kendala dan solusi yang diterapkan dalam proses manajemen kurikulum.di MTs Al Hikmah 2 Desa Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, perencanaan kurikulum dilakukan diawal tahun ajaran dengan mengadakan rapat perencanaan kurikulum, struktur kurikulum sekolah disesuaikan dengan tujuan sekolah yaitu mengembangkan sekolah berbasis pesantren. Kedua, pengoganisasian dilakukan oleh kepala sekolah dengan membagi tugas kepada seluruh guru sesuai dengan kompetensi masing-masing. Ketiga, pelaksanaan kurikulum yang menyajikan proses pembelajaran mula dari materi, media dan evalasi pemebelajaran. Keempat, Evaluasi kurikulum yang menggunakan model CIPP, yaitu mengevalusi konteks, input, proses, dan produk. Dalam proses manajemen kurikulum, dijumpai beberapa kendala yang di sebabkan oleh kurangnya kesadaran SDM sekolah terhadap tugas dan tanggung jawab setiap individu. Berdasarkan kendala tersebut, maka peningkatan kualitas sumber daya manusia menjadi solusi utama dalam keberhasilan kegiatan manajemen kurikulum sekolah. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah bahwa untuk mencapai hasil yang optimal dalam kegiatan manajemen kurikulum, perlu adanya kerja sama antara semua pihak sekolah, serta kesadaran dan tanggung jawab setiap individu terhadap tugasnya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Madrasah Tsanawiyah, Pesantren
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 12 Oct 2016 07:08
    Last Modified: 12 Oct 2016 07:08

    Actions (login required)

    View Item