PENGUATAN PENANAMAN NILAI DEMOKRATIS PADA SISWA-SISWI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PECANGAAN DI BAWU JEPARA

ERLINA SAFITRI , 3301411004 (2015) PENGUATAN PENANAMAN NILAI DEMOKRATIS PADA SISWA-SISWI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PECANGAAN DI BAWU JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGUATAN PENANAMAN NILAI DEMOKRATIS PADA SISWA-SISWI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PECANGAAN DI BAWU JEPARA)
Download (785Kb)

    Abstract

    Pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 mengamatkan pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia yang harus menjiwai semua bidang pembangunan. Dalam ranah demokrasi, nilai-nilai demokrasi yang dianut oleh negara Indonesia merupakan penegasan dari sila-sila yang terdapat dalam pancasila. Namun, kini nilai-nilai demokratis mulai memudar dalam diri masyarakat. Masyarakat Indonesia yang terbiasa sopan dan santun dalam berperilaku dan melaksanakan musyawarah untuk mufakat dalam menyelesaikan masalah, serta bersikap toleran dan gotong royong mulai cenderung berubah menjadi homogen kelompok-kelompok yang saling mengalahkan. Sekolah sebagai lembaga pendidikan sejatinya adalah untuk membangun dan mengembangkan potensi manusia agar memiliki karakter, integritas, dan kompetensi yang bermakna dalam kehidupan. Tujuan penelitian : 1) untuk mengetahui bentuk-bentuk penguatan penanaman nilai demokratis pada siswa-siswi di MTs N Pecangaan di Bawu Jepara, 2) untuk mengetahui penguatan penanaman niali demokratis pada siswa-siswi di MTs N Pecangaan di Bawu Jepara dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan berupa metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di MTs N Pecangaan di Bawu Jepara. Subjek penelitian adalah kepala madrasah, pengurus OSIS, pengurus PMR, guru PPKn dan para siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah adalah observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara induktif, yaitu dimulai dari lapangan atau fakta empiris dengan cara terjun ke lapangan. Analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan secara bersamaan dengan proses pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: bentuk penguatan penanaman nilai demokratis di MTs N Pecangaan di Bawu Jepara melalui dua kegiatan yaitu intrakurikuler (PPKn) dan ekstrakurikuler (OSIS, PMR). Dalam kegiatan intrakurikuler (PPKn) guru mempersiapkan perencanaan pembelajaran serta menanamkan nilai-nilai demokratis dalam pembelajaran, meliputi (1) nilai komitmen dan tanggung jawab, (2) nilai kerjasama, (3) nilai bebas berpendapat dan menghormati kebebasan, (4) nilai memahami keanekaragaman. Dalam kegiatan ektrakurikuler OSIS yaitu kegiatan menabung suara dan kitobah, sedangkan dalam kegiatan PMR dengan adanya seminar. Penguatan penanaman nilai demokratis dalam hal perencanaan dengan guru membuat perencanaan pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, dan media. Dalam pelaksanaan kegiatan intrakurikuler guru mengimplementasikan RPP yang di buat. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dilakukan di dalam kelas dan di luar kelas. Dalam kegiatan ekstrakurikuler OSIS adanya pemilihan umum ketua OSIS secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Evaluasi pembelajaran guru menggunakan penilaian sikap selama proses belajar mengajar dan penilaian dalam ulangan baik lisan maupun tertulis. Saran yang dapat peneliti berikan terkait hasil penelitian (1) Untuk kepala Madrasah sebagai supervisi diharapkan dapat lebih mengecek kelengkapan perangkat pembelajaran guru terkait dengan penanaman nilai demokratis di MTs N Pecangaan di Bawu Jepara. (2) Untuk guru diharapkan dapat mengatur dan melaksanakan penanaman nilai-nilai demokratis baik di dalam kelas maupun di luar kelas. (3) Bagi madrasah diharapkan dapat lebih memfasilitasi siswa-siswi dalam melakukan kunjungan ke gedung DPRD terkait dengan penguatan penanaman nilai demokratis pada siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Penguatan, Penanaman Nilai Demokratis
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    J Political Science > JA Political science (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
    Depositing User: handoyo eko perpus
    Date Deposited: 11 Oct 2016 08:44
    Last Modified: 11 Oct 2016 08:44

    Actions (login required)

    View Item