LEGITIMASI BUDAYA DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA (Studi Kasus di MTs Ma’arif Nyatnyono Kabupaten Semarang)

Rikzi Izzet Alvaeni Azmy , 1102412067 (2016) LEGITIMASI BUDAYA DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA (Studi Kasus di MTs Ma’arif Nyatnyono Kabupaten Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3260Kb)

    Abstract

    Pengembangan kurikulum berpijak pada landasan sosial-budaya. Pemahaman budaya masyarakat oleh penggiat pendidikan dapat menjadi kunci untuk memahami relevansi pengembangan kurikulum di sekolah dengan budaya masyarakat setempat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk legitimasi budaya dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama, implementasi pengembangan kurikulum pendidikan agama, dan memaknai perlunya pengembangan kurikulum pendidikan agama untuk mengakomodasi budaya dalam konten pembelajaran di MTs Ma’arif Nyatnyono. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Informan penelitian yang menjadi sumber data adalah guru, kepala sekolah, siswa, tokoh masyarakat, dan warga Desa Nyatnyono. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif menurut Miles dan Hurberman. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat legitimasi budaya oleh tokoh dan masyarakat sekitar dalam pengembangan kurikulum di sekolah. Pertama, legitimasi budaya masuk ke dalam kurikulum dalam bentuk wawasan pengetahuan, yakni PAI berkedudukan sebagai mata pelajaran sehingga pemanfaatan budaya lokal dalam pendidikan Agama dimaksudkan sebagai pemanfaatan budaya lokal dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah. Kedua, legitimasi dalam bentuk kegiatan keagamaan di sekolah untuk mempertahankan warisan sistem budaya. Implementasi pengembangan kurikulum ini meliputi dimensi perencanaan, proses, sampai pada hasil pembelajaran. Baik intrakurikuler berupa mata pelajaran maupun kurikulum tambahan atau ekstrakurikuler

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Legitimasi, Budaya, Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 05 Oct 2016 09:47
    Last Modified: 05 Oct 2016 09:47

    Actions (login required)

    View Item