PENGARUH PARTISIPASI ANGGOTA, LINGKUNGAN USAHA, KUALITAS PELAYANAN, DAN KINERJA KARYAWAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA KOPERASI KELOMPOK TANI SARI REJEKI DESA PULOSARI KECAMATAN KEBAKKRAMAT KABUPATEN KARANGANYAR

Etika Sari Sulistyorini , 7101411322 (2015) PENGARUH PARTISIPASI ANGGOTA, LINGKUNGAN USAHA, KUALITAS PELAYANAN, DAN KINERJA KARYAWAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA KOPERASI KELOMPOK TANI SARI REJEKI DESA PULOSARI KECAMATAN KEBAKKRAMAT KABUPATEN KARANGANYAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (59Kb)
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (245Kb)

      Abstract

      Hasil observasi awal di Koperasi Kelompok Tani Sari Rejeki Desa Pulosari menunjukkan bahwa anggota dalam memanfaatkan unit usaha yang ada pada bidang usaha simpan pinjam mengalami penurunan. Sehingga dapat dikatakan keberhasilan usaha Koperasi Kelompok Tani Sari Rejeki belum optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh partisipasi anggota, lingkungan usaha, kualitas pelayanan, dan kinerja karyawan terhadap keberhasilan usaha Koperasi Kelompok Tani Sari Rejeki Desa Pulosari. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota yang menggunakan layanan Unit Simpan Pinjam Koperasi Kelompok Tani Sari Rejeki Desa Pulosari yang berjumlah 327 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode proportional random sampling dan diperoleh sebanyak 180 responden. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif persentase, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh partisipasi anggota, lingkungan usaha, kualitas pelayanan, dan kinerja karyawan secara simultan terhadap keberhasilan usaha sebesar 78,8% dan sisanya sebesar 21,2% dipengaruhi faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Secara parsial partisipasi anggota berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha dengan kontribusi sebesar 22,4%. Lingkungan usaha berpengaruh secara signifikan terhadap kaberhasilan usaha dengan kontribusi 17,2%. Kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kaberhasilan usaha dengan kontribusi 21,9%. Dan kinerja karyawan berpengaruuh secara siginifikan terhadap keberhasilan koperasi 24%. Saran yang dapat disampaikan yaitu perlu ditingkatkan partisipasi dalam pemanfaatan pelayanan jasa terutama dalam unit usaha simpan pinjam karena unit usaha ini mempunyai kontribusi cukup tinggi untuk meningkatkan pendapatan yang dapat meningkatkan keberhasilan usaha. Koperasi perlu lebih baik lagi dalam menggunakan teknologi agar pelayanannya cepat sehingga konsumen tidak menunggu terlalu lama dalam prosesnya sehingga anggota.

      Item Type: Thesis (Under Graduates)
      Uncontrolled Keywords: Partisipasi Anggota, Lingkungan Usaha, Kualitas Pelayanan, Kinerja Karyawan, Keberhasilan Usaha, Member Participation, Business Environment, Service Quality, Employee Performance, Business Success
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
      L Education > L Education (General)
      L Education > LB Theory and practice of education
      L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
      Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
      Depositing User: Users 22799 not found.
      Date Deposited: 03 Oct 2016 13:58
      Last Modified: 03 Oct 2016 13:58

      Actions (login required)

      View Item