PEMBELAJARAN PEMANFAATAN DATA SIFAT HUJAN DAN PRANATA MANGSA BAGI PETANI UNTUK MENENTUKAN MASA TANAM TEMBAKAU TEROPTIMAL DI DESA ROWO KECAMATAN KANDANGAN KABUPATEN TEMANGGUNG

Erna Setyawati , 3201411128 (2015) PEMBELAJARAN PEMANFAATAN DATA SIFAT HUJAN DAN PRANATA MANGSA BAGI PETANI UNTUK MENENTUKAN MASA TANAM TEMBAKAU TEROPTIMAL DI DESA ROWO KECAMATAN KANDANGAN KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN PEMANFAATAN DATA SIFAT HUJAN DAN PRANATA MANGSA BAGI PETANI UNTUK MENENTUKAN MASA TANAM TEMBAKAU TEROPTIMAL DI DESA ROWO KECAMATAN KANDANGAN KABUPATEN TEMANGGUNG)
Download (1184Kb)

    Abstract

    Temanggung merupakan salah satu sentra tembakau terpenting di Indonesia. Oleh sebab itu, pelaksanaan pembelajaran pemanfaatan data sifat hujan dan pranata mangsa, diperlukan agar petani dapat terhindar dari kegagalan panen yang diakibatkan curah hujan yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengukur pengetahuan petani tembakau tentang pranata mangsa; 2) Mengetahui perencanaan pembelajaran berbasis masyarakat sudah sesuai atau belum untuk diterapkan pada pembelajaran pemanfaatan data sifat hujan dan pranata mangsa bagi petani untuk menentukan masa tanam tembakau teroptimal; 3) Mengetahui keterampilan petani dalam menentukan masa tanam tembakau teroptimal setelah memperoleh pembelajaran pemanfaatan data sifat hujan dan pranata mangsa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Penelitian dilakukan di Desa Rowo, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung. Populasinya adalah seluruh petani tembakau di Desa Rowo, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung (240 Kepala Keluarga Petani). Menggunakan purposive sampling, diambil sampel yaitu petani yang memiliki pengetahuan dasar tentang pranata mangsa dan yang bisa membaca serta menulis (24 orang). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa tingkat Pengetahuan dasar petani tembakau di Desa Rowo tentang Pranata Mangsa sudah cukup baik. Perencanaan pembelajaran berbasis masyarakat yang dilaksanakan pada pembelajaran pemanfaatan data sifat hujan dan Pranata Mangsa bagi petani untuk menentukan masa tanam tembakau teroptimal di Desa Rowo sudah sesuai. Perbedaan materi dan metode yang diterapkan pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, benar-benar mempengaruhi keterampilan petani dalam menentukan masa tanam tembakau teroptimal. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : untuk petani, diberi tambahan pengetahuan tentang data sifat hujan; untuk penelitian selanjutnya, perencanaan pembelajaran (materi maupun metode pembelajaran) yang akan diterapkan harus direncanakan dengan lebih baik lagi, untuk meminimalisir gagal panen yang diakibatkan cuaca yang tidak menentu, petani sebaiknya mengkombinasikan pranata mangsa dan data sifat hujan secara bersamaan untuk menentukan masa tanam tembakau teroptimal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pendidikan Berbasis Masyarakat, Pembelajaran Pemanfaatan Data Sifat Hujan dan Pranata Mangsa, Masa Tanam Tembakau Teroptimal
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
    G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
    Depositing User: handoyo eko perpus
    Date Deposited: 27 Sep 2016 13:50
    Last Modified: 27 Sep 2016 13:50

    Actions (login required)

    View Item