PENGARUH PRESTASI DAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA JURUSAN PEMASARAN SMK DIPONEGORO SALATIGA ( Studi Pada Kelas XI Tahun Ajaran 2014/2015)

Helga Nurul Amalia , 7101411317 (2015) PENGARUH PRESTASI DAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA JURUSAN PEMASARAN SMK DIPONEGORO SALATIGA ( Studi Pada Kelas XI Tahun Ajaran 2014/2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (47Kb)
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (164Kb)

      Abstract

      Minat berwirausaha siswa dipengaruhi beberapa faktor diantaranya adalah prestasi dan lingkungan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh prestasi terhadap minat berwirausaha siswa , adakah pengaruh lingkungan terhadap minat berwirausaha siswa, adakah pengaruh prestasi dan lingkungan terhadap minat berwirausaha siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 86 siswa yang terdiri dari kelas XI Pemasaran SMK Diponegoro Salatiga, Karena penelitian ini merupakan penelitian populasi sehingga semua populasi dijadikan sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel prestasi dalam katagori tuntas dengan rata-rata persentase sebesar 81,9 %. Variabel lingkungan dalam katagori baik dengan persentase sebesar 71,0% dan variabel minat berwirausaha dalam kategori sedang dengan persentase 62,3% . Uji Regresi meunjukan hasil uji persial untuk prestasi diperoleh nilai thitung = 5,305 dan signifikan 0,000 < 0,05, variabel lingkungan diperoleh nilai thitung = 5,935 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha1,Ha2, Ha3 diterima. Besarnya pengaruh secara persial pada variabel prestasi adalah 25,60% dan variabel lingkungan sebesar 29,81%. Secara simultan sebesar 54,1% dan sisanya 45,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara prestasi dan lingkungan tehadap minat berwirausaha siswa baik secara parsial maupun simultan. Dari penelitian ini dapat dikemukakan saran yaitu : agar siswa memiliki minat berwirausaha, bagi guru pelajaran kewirausahaan sebaiknya tidak hanya teori saja namun perlu adanya studi kasus ataupun mendatangkan narasumber wirausaha sukses. bagi sekolah sebaiknya praktek kerja industri harus sesuai dengan progam keahliahnya agar siswa dapat belajar dan meningkatkan penanaman potensi kepribadian.

      Item Type: Thesis (Under Graduates)
      Uncontrolled Keywords: Prestasi, Lingkungan, Minat Berwirausaha Siswa, Achievement, Environment, Students’ Entrepreneurship Interests
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
      L Education > L Education (General)
      L Education > LB Theory and practice of education
      L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
      Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
      Depositing User: Users 22799 not found.
      Date Deposited: 03 Oct 2016 13:59
      Last Modified: 03 Oct 2016 13:59

      Actions (login required)

      View Item