PEMANFAATAN OBJEK WISATA LINGGO ASRI (KALI PAINGAN) SEBAGAI SUMBER BELAJAR OUTDOOR STUDY PADA POKOK BAHASAN MATERI LITOSFER KELAS X DI SMA NEGERI 1 KESESI TAHUN 2014/2015

Wiwi Setia , 3201411053 (2015) PEMANFAATAN OBJEK WISATA LINGGO ASRI (KALI PAINGAN) SEBAGAI SUMBER BELAJAR OUTDOOR STUDY PADA POKOK BAHASAN MATERI LITOSFER KELAS X DI SMA NEGERI 1 KESESI TAHUN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1486Kb)

    Abstract

    Menggunakan objek wisata dalam proses pembelajaran baik lingkungan fisik, sosial, dan buatan oleh peserta didik, dapat dijadikan sebagai tolak ukur dari usaha pendidikan. Menggunakan objek wisata sebagai sumber pembelajaran geografi sama dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar. Pembelajaran outdoor study merupakan pembelajaran di luar kelas atau lingkungan sekitar yang membawa siswa melihat langsung objek yang akan diteliti. Permasalahan dalam penelitian ini adalah peneliti ingin memanfaatkan objek Wisata Linggo Asri khususnya wisata Kali Paingan yang dijadikan sebagai sumber belajar geografi, untuk meningkatan hasil belajar karena di dalamnya terdapat berbagai jenis batuan yang dapat digunakan untuk pembelajaran materi litosfer. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kesesi yang berjumlah 144 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling berdasarkan ketentuan tertentu, sampel yang diambil adalah kelas X IPS 4 dengan jumlah 34 siswa sebagai responden kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, observasi, dan teknik tes. Analisis data dalam penelitian yaitu analisis deskriptif persesntase dan analisis uji-t untuk menghitung hasil belajar siswa secara kognitif. Berdasarkan hasil analisis perhitungan ini diketahui dari hasil Post-test kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran outdoor study dengan memanfaatkan objek wisata Linggo Asri (kali paingan) memiliki rata-rata lebih tinggi dari hasil Pre-test. Nilai rata-rata pre-test sebesar 62,97, persentasi nilai sebesar 41,176 %. Hasil belajar nilai post-test sebesar 94,11% dengan jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 18 siswa yaitu 52,94 %, rata-rata nilai post-test adalah 86,76. Hasil aktivitas belajar siswa diperoleh berdasarkan pengamatan peneliti di lapangan dengan skor total 982, persentasenya 73,23% dengan kriteria baik. Oleh karena itu, ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam menggunakan metode outdoor study dengan memanfaatkan objek wisata Linggo Asri (Kali Paingan) sebagai sumber belajar geografi. Simpulan dalam penelitian ini bahwa secara simultan pemanfaatan objek wisata sebagai pembelajaran metode outdoor study berpengaruh positif dan signifikan terhadpa hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Saran bagi penelitian ini metode outdoor study diterapkan sebagai alternatif pembelajaran geografi karena siswa bisa melihat langsung objek yang diamati sesuai pelajaran yang diajarkan. Namun juga harus dipertimbangan mengenai waktu, biaya, dan keamaanaan siswa dalam proses pembelajarannya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan objek wisata Kali Paingan, outdoor study, hasil belajar, Pekalongan
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
    Depositing User: handoyo eko perpus
    Date Deposited: 27 Sep 2016 13:41
    Last Modified: 27 Sep 2016 13:41

    Actions (login required)

    View Item