PENGELOLAAN ARSIP GUNA MENUNJANG TERTIB ADMINISTRASI DI KANTOR KECAMATAN KLAMBU KABUPATEN GROBOGAN

Dewi Septiani , 7101411166 (2015) PENGELOLAAN ARSIP GUNA MENUNJANG TERTIB ADMINISTRASI DI KANTOR KECAMATAN KLAMBU KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (695Kb)

    Abstract

    Pengelolaan arsip yang dilakukan di Kantor Kecamatan Klambu belum berjalan dengan apa yang diharapkan. Kantor Kecamatan klambu belum memiliki petugas khusus menangani arsip. Masalah dari penelitian ini adalah jenis arsip, peranan arsip, pengorganisasian arsip, sistem penyimpanan arsip, prosedur penyimpanan arsip, pemeliharaan arsip, pengamanan arsip, peralatan, perlengkapan arsip, dan pemusnahan arsip dan juga upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah di Kantor Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Model analisis data peneliti menggunakan model analisis data menggunakan, model analisis Miles dan Huberman yaitu analisis dilakukan secara terus menerus sampai menemukan titik jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesediaan sumber daya manusia sebagai faktor yang dihadapi dalam sistem penyimpanan arsip, pemeliharaan arsip, dan perlengakapan peralatan arsip yang ada di Kantor kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan. Pengamatan peneliti di lapangan menunjukkan keterbatasan sumber daya manusia yang selama ini merangkap jabatan lain. Masih kurangnya perhatian pihak-pihak luar maupun dalam yang terkait dengan kearsipan. Banyak pihak-pihak luar maupun dalam yang terkait dengan kearsipan. Banyak pihak yang masih menganggap kearsipan itu yang penting bisa berjalan dengan baik dan lancer tanpa mengerti betapa pentingnya kearsipan iu disuatu instansi pemerintah maupun swasta. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian tersebut adalah pengelolaan menggunakan sistem wilayah dan kalsifikasi decimal, proses penyimpanan arsip diawali dengan penerimaan surat, pencatatan apada buku agenda, lalu disimpan oleh kasi yang bersangkutan karena Kantor Kecamatan Klambu belum memiliki petugas khusus arsip. Saran yang dapat diambil adalah penanganan surat maupun dokumen penting sebaiknya setelah diterima oleh kasi yang bersangkutan agar sesegera mungkin disimpan dengan kode yang tepat, jika sewaktu-waktu surat diperlukan dapat ditemukan dengan cepat dan tepat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Arsip, Administrasi, Kantor Kecamatan Klambu, Archive Management, Good Administration, Klambu District Office
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: Users 22799 not found.
    Date Deposited: 03 Oct 2016 14:00
    Last Modified: 03 Oct 2016 14:00

    Actions (login required)

    View Item