KAJIAN DAYA TARIK OBJEK WISATA PANTAI SUWUK SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PURING KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2014/ 2015

Ulfatun Nahriyah , 3201411041 (2015) KAJIAN DAYA TARIK OBJEK WISATA PANTAI SUWUK SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PURING KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2014/ 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1269Kb)

    Abstract

    Pantai Suwuk merupakan salah satu pantai yang ada di Kabupaten Kebumen dengan daya tarik wisata yang menarik. Kegiatan belajar mengajar yang ideal seharusnya berlangsung dalam berbagai interaksi dan dibantu dengan alat bantu belajar atau sumber sumber belajar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 2 Puring masih belum memanfaatkan objek wisata Pantai Suwuk dengan daya tariknya untuk sumber pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk melakukan inventarisasi daya tarik objek wisata Pantai Suwuk 2) Untuk mengkaji pemanfaatan daya tarik objek wisata Pantai Suwuk sebagai sumber pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 2 Puring. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengunjung objek wisata Pantai Suwuk dan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Puring, Kabupaten Kebumen yang berjumlah 216 siswa. Sampel untuk pengunjung diambil dengan teknik Sampling Insidental yaitu teknik pengambilan sampel secara kebetulan sejumlah 20 orang dan untuk siswa menggunakan teknik simple random sampling yaitu kelas VIII. D dengan jumlah 36 siswa. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dan deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa daya tarik objek wisata Pantai Suwuk meliputi daya tarik wisata alam dengan kenampakan alam yang sangat indah, penggunaan lahan yang sebagian besar adalah lahan pertanian, daya tarik wisata sosial dan budaya dari aspek tradisi, aspek adaptasi dan sejarah pantai suwuk, daya tarik minat khusus dari kegiatan agrowisata di sekitar objek wisata Pantai Suwuk dapat dilihat dari aspek pendapatan, kegiatan ekonomi dan produk unggulannya. Berdasarkan hasil penelitian tanggapan pengunjung objek wisata Panti Suwuk, daya tarik wisata alam: 80,25% (tinggi), daya tarik wisata sosial budaya: 62,5% (sedang), dan daya tarik minat khusus sebesar 63,125% (tinggi) sedangkan hasil dari keseluruhan daya tarik objek wisata Pantai Suwuk 71,5% (tinggi). Hasil wawancara, guru setuju bila daya tarik objek wisata Pantai Suwuk dikaitkan dengan materi-materi IPS SMP kelas VIII dan dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran IPS kelas VIII dan berdasarkan tanggapan siswa diperoleh hasil 91,85% termasuk dalam kategori tinggi. Simpulan dalam penelitian ini adalah kajian daya tarik objek wisata Pantai Suwuk dapat dijadikan sebagai alternatif sumber pembelajaran IPS karena dapat menambah wawasan dan pengetahuan serta pembelajaran di kelas menjadi lebimenarik. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya Guru lebih mengoptimalkan pembelajaran dengan memanfaatkan objek wisata Pantai Suwuk sebagai sumber Pembelajaran IPS dengan outdoor study.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Daya Tarik Wisata, Sumber Pembelajaran IPS.
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
    Depositing User: handoyo eko perpus
    Date Deposited: 27 Sep 2016 13:45
    Last Modified: 27 Sep 2016 13:45

    Actions (login required)

    View Item