PENGEMBANGAN MEDIA POWER POINT BERBRAILE MATA PELAJARAN IPS MATERI LINGKUNGAN UNTUK SISWA TUNANETRA DI SEKOLAH LUAR BIASA KOTA SEMARANG TAHUN 2014

Sandi Faizal Akbar , 3201410019 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA POWER POINT BERBRAILE MATA PELAJARAN IPS MATERI LINGKUNGAN UNTUK SISWA TUNANETRA DI SEKOLAH LUAR BIASA KOTA SEMARANG TAHUN 2014. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (886Kb)

    Abstract

    Upaya peningkatan mutu pendidikan harus terus dilakukan oleh pemangku kepentingan (stake holder) pendidikan di berbagai jenis dan jenjang pendidikan, termasuk sekolah inklusi dan atau Sekolah Luar Biasa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah memperbaiki proses pembelajaran di Sekolah Luar Biasa. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah Power Point Berbraile layak sebagai media pembelajaran untuk siswa tunanetra di SLB Kota Semarang. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan Power Point Berbraile sebagai media pembelajaran untuk siswa tunanetra Sekolah Luar Biasa Kota Semarang yang diukur dari penilaian tim ahli, guru, dan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development/RD). Metode Penelitian dan Pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut (Sugiyono, 2009). Data yang akan dikumpulkan pada penelitian ini berupa data kuantitatif sebagai data pokok dan data kualitatif berupa saran dan masukan dari responden sebagai data tambahan. Data tersebut memberi gambaran mengenai kelayakan produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Tingkat kelayakan media power point berbraile yang sesuai untuk media pembelajaran siswa tuna netra di SLB Kota Semarang. Dirancang dan dibuat dengan menggunakan cara dan bahan sederhana yang mudah didapat di lingkungan sekolah. Media power point berbraile sangat membantu siswa tunanetra, karena dapat menampilkan secara jelas materi tentang lingkungan yang dikemas secara sederhana. Simpulan penelitian ini bahwa media power point berbraile layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran siswa tuna netra di SLB Kota Semarang. Selain itu, media ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa tunanetra. Saran dari penelitian ini adalah (1) perlu ada pengembangan media yang interaktif untuk mata pelajaran yang lain; (2) adanya dukungan nyata dari berbagai pihak untuk peningkatan perangkat pembelajaran pada siswa berkebutuhan khusus.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: media, power point berbraile, siswa tuna netra
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
    Depositing User: handoyo eko perpus
    Date Deposited: 23 Sep 2016 06:23
    Last Modified: 23 Sep 2016 06:23

    Actions (login required)

    View Item