HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES

Oktaviyani, Okta (2016) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan. Faktor utama penentuan kepuasan pasien adalah peresepsi pelanggan terhadap kualitas layanan kesehatan. Jenis penelitian adalah survey eksplanatory dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, dan jumlah sampel 73. Data dianalisis dengan menggunkan uji chi- square. Hasil peneltian ini menunjukkan ada hubungan antara kualitas pelayanan dimensi tangibles (0,003<0,05), reliability (0,0017<0,05), assurance (0,005<0,05), responsiveness (0,002<0,05) dan empathy (0,001<0,05) dengan kepuasan pasien. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya hubungan antara kualitas pelayanan dimensi (tangibles, reliability, assurance, responsiveness, empathy) dengan kepuasan pasien rawat inap Puskesmas Ketanggungan Kabupaten Brebes 2014. Saran yang diberikan adalah mempertahankan kualitas pelayanan rawat inap Puskesmas Ketanggungan Kabupaten Brebes, melakukan survei kepuasan pasien berkala dan berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: setyorini FBS unnes
Date Deposited: 13 Mar 2018 07:23
Last Modified: 13 Mar 2018 07:23

Actions (login required)

View Item