PENERAPAN MODEL INKUIRI DENGAN AUTHENTIC ASSESSMENT PADA PRAKTIKUM KIMIA UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN PROSES SAINS TERINTEGRASI SISWA KELAS XI SMA N 1 GUBUG

Nurul Huda Ervina, 4301411135 (2015) PENERAPAN MODEL INKUIRI DENGAN AUTHENTIC ASSESSMENT PADA PRAKTIKUM KIMIA UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN PROSES SAINS TERINTEGRASI SISWA KELAS XI SMA N 1 GUBUG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (3876Kb)

    Abstract

    Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Masalah yang ditemukan yakni keterampilan proses sains terintegrasi siswa dalam pembelajaran kimia masih kurang, salah satu cara penyelesaian pembelajaran yang mampu diterapkan yakni dilakukan penilaian autentik. SMA Negeri 1 Gubug merupakan salah satu sekolah yang memiliki masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proporsi keterampilan proses sains terintegrasi siswa setelah dengan aunthentic assessment. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPA 7 dengan jumlah siswa sebanyak 34 karena dibandingkan dengan ketujuh kelas lain kelas tersebut memang memiliki nilai kognitif yang lebih tinggi akan tetapi nilai psikomotor dan afektif relatif masih rendah. Pelaksanakan pra siklus digunakan sebagai langkah awal sebelum melakukan penelitian namun masih menggunakan model pembelajaran selain inkuiri. Reliabilitas instrumen observasi dianalisis menggunakan inter rater reliability sedangkan reliabilitas angket menggunakan Cronbach Alpha. Selama pelaksanaan siklus 1 ada beberapa bagian berhasil dilaksanakan serta menandakan hasil yang baik dan beberapa bagian lain yang masih terjadi kesalahan. Aspek keberhasilan yaitu keterampilan proses sains siswa di laboratorium, pembuatan laporan sementara dan penilaian sikap di laboraotorium. Siklus 2 berfungsi sebagai penguatan siklus 1. Hasil yang diperoleh menandakan perbaikan dan peningkatan, seluruh aspek yang dinilai dalam penelitian ini sudah mencapai hasil maksimal dan ijin waktu penelitian sudah berakhir maka penelitian ini selesai pada siklus 2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa authetic assesment pada praktikum kimia SMA N 1 Gubug dapat meningkatkan keterampilan proses sains terintegrasi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Authentic Assessment ; Keterampilan Proses Sains Terintegrasi ; Peningkatan ; Praktikum SMA
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QD Chemistry
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
    Depositing User: Users 22799 not found.
    Date Deposited: 22 Aug 2016 14:10
    Last Modified: 22 Aug 2016 14:10

    Actions (login required)

    View Item