PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Konsumen Katering Anggrek Semarang)

Evan Dwi Kurniawan , 7311411140 (2015) PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Konsumen Katering Anggrek Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1842Kb)

    Abstract

    Perkembangan dunia bisnis akhir-akhir ini mengalami pertumbuhan yang cukup pesat, kondisi yang demikian tak heran menciptakan persaingan yang semakin ketat dan tajam. Oleh karena itu, perusahaan dituntut untuk mampu memuaskan pelanggan dengan membuat produk-produk berkualitas yang sesuai dengan keinginan konsumen. Tak sedikit perusahaan yang berlomba-lomba untuk dapat meningkatkan pangsa pasarnya, sehingga hal ini memotivasi perusahaan untuk bekerja keras terus maju dalam memperbaiki bisnisnya. Menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan menjaga kualitas produk adalah strategi yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan dan kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh relationship marketing dan kualitas produk dalam membangun loyalitas pelanggan katering Anggrek melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengguna katering Anggrek periode Juni 2014 – Juni 2015. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria pembelian lebih dari satu kali, ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan rumus slovin dan diperoleh sampel sebanyak 73 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dan metode analisis yaitu uji instrument (uji validitas dan uji reliabilitas). Analisis data menggunakan analisis jalur ( Path Analysis), dimana variabel yang digunakan meliputi relationship marketing, kualitas produk, kepuasan konsumen, serta loyalitas pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dua persamaan analisis path yaitu Y1 = 0,323 X1 + 0,369 X2 + 0,817 dan Y2 =0,314 X1 + 0,239 X2 + 0,407 Y1 + 0,638. Hal ini menunjukkan bahwa relationship marketing dan kualitas produk mempunyai pengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan maupun pengaruh tidak langsung melalui kepuasan konsumen sebagai variable intervening. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh secara langsung maupun tidak langsung variable relationship marketing dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan katering Anggrek melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Saran bagi perusahaan adalah selalu mempertahankan hubungan baik kepada pelanggannya dan menjaga kualitas produk dengan menjaga kelezatan rasa yang khas dari katering Anggrek.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk, Loyalitas Pelanggan, Relationship Marketing
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: dina perpustakaan
    Date Deposited: 20 Jul 2016 14:05
    Last Modified: 20 Jul 2016 14:05

    Actions (login required)

    View Item