PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X MADRASAH ALIYAH PPKP DARUL MA’LA PATI TAHUN AJARAN 2014/2015

Dzurri Tsaminatun Naja , 7101411386 (2015) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X MADRASAH ALIYAH PPKP DARUL MA’LA PATI TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1784Kb)

    Abstract

    Aktivitas belajar bagi masing-masing individu tidak selamanya berjalan lancar. Pada observasi awal yang telah dilakukan di MA PPKP Darul Ma‟la Pati ditemukan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan belajar, padahal siswa mempunyai motivasi belajar yang tinggi dan berada pada lingkungan keluarga yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi baik secara simultan maupun parsial. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah PPKP Darul Ma‟la Pati tahun ajaran 2014/2015 dengan sebanyak 130 siswa dan sampel berjumlah 57 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah kesulitan belajar (Y), motivasi belajar (X1), lingkungan keluarga (X2). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini secara simultan terdapat pengaruh negatif motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap kesulitan belajar sebesar 61,3%. Secara parsial terdapat pengaruh negatif motivasi belajar terhadap kesulitan belajar sebesar 0,8%. Selain itu juga lingkungan keluarga berpengaruh negatif terhadap kesulitan belajar sebesar 61,9%. Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa secara simultan terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X Madrasah Aliyah PPKP Darul Ma‟la Pati tahun ajaran 2014/2015. Secara parsial motivasi belajar berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kesulitan belajar, lingkungan keluarga juga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kesulitan belajar. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah untuk siswa agar lebih meningkatkan motivasi belajar lagi terkait dengan kemandirian dalam belajar mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Bagi lingkungan keluarga terutama orang tua juga harus lebih meningkatkan pendampingan anak pada saat anak melaksanakan akitivitas belajarnya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: Users 23382 not found.
    Date Deposited: 20 Jul 2016 14:04
    Last Modified: 20 Jul 2016 14:04

    Actions (login required)

    View Item