PENGARUH CARA BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 1 TUNJUNGAN KABUPATEN BLORA TAHUN AJARAN 2014/2015

Siti Zulaikah , 7101411229 (2015) PENGARUH CARA BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 1 TUNJUNGAN KABUPATEN BLORA TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1722Kb)

    Abstract

    Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa diantaranya cara belajar dan lingkungan keluarga. Hasil observasi awal, hasil belajar siswa kelas X IPS masih rendah yang dibuktikan dengan hasil nilai ulangan harian siswa yang sebagian besar belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Maksimum. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adakah pengaruh cara belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Tunjungan Kabupaten Blora Tahun Ajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS yang berjumlah 121 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin sebanyak 55 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas yaitu cara belajar dan lingkungan keluarga serta variabel terikat yaitu hasil belajar. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi berganda. Hasil penelitian dengan analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel cara belajar termasuk dalam kriteria baik dan variabel lingkungan keluarga termasuk dalam kriteria baik. Sementara hasil penelitian dengan analisis regresi menunjukkan ada pengaruh secara bersama-sama antara cara belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa, cara belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa serta lingkungan keluarga berpengaruh terhadap hasil belajar. Simpulan dari penelitian ini, ada pengaruh positif baik simultan maupun parsial cara belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 1 Tunjungan. Saran yang diberikan, untuk meningkatkan cara belajar belajar khususnya dalam hal pembuatan jadwal dan pelaksanaannya harus dilaksanakan secara rutin sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan serta mengkondisikan situasi dalam belajar senyaman mungkin agar proses belajar bisa berjalan dengan baik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Cara Belajar dan Lingkungan Keluarga
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: Users 23382 not found.
    Date Deposited: 20 Jul 2016 14:03
    Last Modified: 20 Jul 2016 14:03

    Actions (login required)

    View Item