PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PROGRAM BISNIS DAN MANAJEMEN DI SMK NEGERI SE-KOTA SEMARANG DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Wahyu Agung , 7101411014 (2015) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PROGRAM BISNIS DAN MANAJEMEN DI SMK NEGERI SE-KOTA SEMARANG DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1551Kb)

    Abstract

    Permendiknas RI Nomor 18 Tahun 2007 menjelaskan bahwa ada empat kompetensi sebagai guru profesional yaitu kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial. Keempat kompetensi ini merujuk pada kinerja guru. Kondisi di lapangan tentang kinerja guru di Kota Semarang menunjukkan bahwa masih terdapat kendala dalam pencapaian kinerja guru yang maksimal khususnya guru mata pelajaran produktif di SMK Bisnis dan Manajemen. Guru mengajar secara monoton, kurang persiapan dan kurang disiplin. Guru tidak optimal dalam membuat RPP serta kurang konsisten dalam impelementasi RPP. Kedisiplinan guru dalam memulai dan mengakhiri kegiatan pembelajaran kurang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengungkap adakah pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru jurusan bisnis dan manajemen di SMK Negeri seKota Semarang dengan Motivasi kerja sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini adalah guru mata pelajaran produktif Akuntansi, Administrasi Perkantoran dan Manajemen SMK Negeri di kota Semarang yang berjumlah 40 guru. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data variabel dianalisis dengan statistik deskriptif, analisis regresi berganda dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMK sebesar 25,10%. Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMK sebesar 37,57%. Serta kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan sinifikan terhadap motivasi kerja sebesar 36,84%. Motivasi kerja secara signifikan berperan menjadi mediasi partial dalam pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru smk sebesar 26,13%. Saran yang dapat diberikan adalah para guru hendaknya lebih meningkatkan motivasi kerja supaya kinerjanya semakin baik. Bagi kepala sekolah hendaknya dapat memberi teladan bagi para guru. Bagi peneliti selanjutnya untuk menambah jumlah sekolah agar jumlah kepala sekolah yang dinilai lebih banyak, sehingga penilaian kepemimpinan kepala sekolah lebih variatif.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Kinerja Guru.
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: Users 23382 not found.
    Date Deposited: 20 Jul 2016 14:03
    Last Modified: 20 Jul 2016 14:03

    Actions (login required)

    View Item