PENGARUH PRESTASI BELAJAR EKONOMI, DUKUNGAN KELUARGA, DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA PESERTA DIDIK KELAS XII SMK KANISIUS UNGARAN KABUPATEN SEMARANG

Rizal Agung , 7101410012 (2015) PENGARUH PRESTASI BELAJAR EKONOMI, DUKUNGAN KELUARGA, DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA PESERTA DIDIK KELAS XII SMK KANISIUS UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1610Kb)

    Abstract

    Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam perkembangan suatu bangsa dan menghasilkan regenerasi yang lebih baik. Kualitas pendidikan suatu bangsa dapat dilihat dari Angka Partisipasi Kasar (APK) masyarakat di perguruan tinggi. SMK Kanisius Ungaran mempunyai APK lulusan di perguruan tinggi yang rendah yaitu dibawah 20%. Rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah adakah pengaruh prestasi belajar ekonomi, dukungan keluarga dan lingkungan sekolah baik secara parsial maupun simultan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh prestasi belajar, dukungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMK Kanisius Ungaran yang berjumlah 33 orang. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena populasi kurang dari 100 sehingga sampel diambil dari seluruh jumlah populasi yang ada. Penelitian ini dibagi dalam tiga tahapan yaitu pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi, pengolahan data menggunakan analisis deskriptif prosentase dan statistik inferensial, serta penginterpretasian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi, dukungan keluarga dan lingkungan sekolah secara simultan berpengaruh positif terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sebesar 31,1%. Tidak ada pengaruh prestasi belajar ekonomi terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, Dukungan keluarga tidak berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan lingkungan sekolah berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sebesar 24,40%. Peserta didik lebih aktif mencari informasi mengenai beasiswa untuk masuk ke perguruan tinggi terkait dengan minat peserta didik yang tinggi untuk melanjutkan kuliah. Sekolah berperan aktif dalam mensosialisasikan tentang pentingnya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan informasi beasiswa pada orangtua dan siswa. Keluarga dapat memberikan dukungan yang maksimal terhadap minat peserta didik, karena keluarga menjadi lingkungan awal anak dalam hal pendidikan. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperluas variabel penelitian sehingga menghasilkan penelitian yang lebih bervariatif.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Ekonomi, Dukungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan tinggi.
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: Users 23382 not found.
    Date Deposited: 20 Jul 2016 14:05
    Last Modified: 20 Jul 2016 14:05

    Actions (login required)

    View Item