Motivasi Mengikuti Ekstrakurikuler Bola Voli Pada Siswa Kelas VII Dan VIII SMP Negeri 15 Pekalongan.

Ery Purnamawati, 6101406041 (2011) Motivasi Mengikuti Ekstrakurikuler Bola Voli Pada Siswa Kelas VII Dan VIII SMP Negeri 15 Pekalongan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Motivasi Mengikuti Ekstrakurikuler Bola Voli Pada Siswa Kelas VII Dan VIII SMP Negeri 15 Pekalongan..) - Published Version
Download (7Mb)

    Abstract

    Di SMP Negeri 15 Pekalongan memiliki prestasi bola voli yang cukup baik, meskipun baru diadakan ekstrakurikuler Bola Voli 2 tahun yang lalu. Hal ini didukung aktifnya kegiatan ekstrakurikuler bola voli. Permasalahan penelitian adalah bagaimanakah Motivasi Siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 15 Pekalongan mengikuti Ekstrakurikuler Bola Voli?. Tujuan penelitian Untuk mengetahui motivasi siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 15 Pekalongan terhadap ekstrakurikuler bola voli. Populasi penelitian ini adalah semua peserta ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 15 Pekalongan dengan jumlah 35 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling, yaitu seluruh peserta ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 15 Pekalongan. Variabel penilitian ini motivasi siswa. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan selanjutnya dianalisis menggunakan rumus deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa mengikuti ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 15 Pekalongan secara keseluruhan adalah sangat baik dengan persentase 0,0%, baik dengan persentase 68,6%, tidak baik dengan persentase 31,4% dan sangat tidak baik dengan persentase 0,0%. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 15 Pekalongan terhadap ekstrakurikuler bola voli secara keseluruhan adalah baik. Bedasarkan penelitian penulis memberikan saran antara lain : 1) Bagi pihak sekolah khususnya SMP Negeri 15 Pekalongan supaya bisa membina dan mengarahkan siswanya agar lebih termotivasi untuk berprestasi dalam mengikuti ekstrakurikuler bola voli. 2) Bagi siswa yang motivasi mengikuti ekstrakurikuler bola voli karena aktualisasi diri, kepercayaan diri, penghargaan maupun pengalaman sebaiknya perlu mempertahankan dan ditingkatkan lagi, sedangkan siswa yang motivasi mengikuti ekstrakurikuler bola voli karena rasa, fisiologis, perasaan dan perhatian harus lebih diarahkan lagi pada motivasi yang lebih menuju prestasi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    Fakultas: UNSPECIFIED
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 24 Mar 2011 05:57
    Last Modified: 24 Apr 2015 23:56

    Actions (login required)

    View Item