PENGEMBANGAN CD PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS INKUIRI MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GONDANG

Mulyati , 4401411008 (2015) PENGEMBANGAN CD PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS INKUIRI MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GONDANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (3483Kb)

    Abstract

    Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan pada siswa kelas XI IPA 1 dengan angket diketahui bahwa 61,17% siswa berminat dengan CD pembelajaran interaktif berbasis inkuiri meskipun 13,33% menganggap media kurang menarik dan membosankan. Sebanyak 13,33% menyatakan kalau objek belajar sulit dihadirkan dalam proses pembelajaran. Media yang kurang mendukung diduga menjadi penyebab hanya 57,33% yang mengahami materi. CD pembelajaran interaktif berbasis inkuiri materi pencemaran lingkungan akan memanfaatkan Adobe Flash CS6 yang nantinya diharapkan dapat memvisualisasi materi pencemaran lingkungan sehingga siswa menjadi tertarik dan paham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan CD pembelajaran interaktif berbasis inkuiri dalam pembelajaran dan mengkaji keefektifan CD pembelajaran interaktif berbasis inkuiri materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini dengan desain penelitian research and development dengan tahapan identifikasi masalah dan potensi, perencanaan, desain produk, validasi desain, revisi produk I, uji coba skal kecil, revive produk II, uji coba produk skala besar, revisi produk II, sehingga dihasilkan produk final. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah kelas X6 SMA N 1 Gondang. Data penelitian berupa kelayakan dan keefektifan CD pembelajaran interaktif berbasis inkuiri pada materi pencemaran lingkungan di SMA N 1 Gondang. Data dianalisis dengan deskriftif presentase. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan CD pembelajaran interaktif berbasis inkuiri oleh para ahli media, materi dan bahasa rata-rata 88% kriteria sangat layak. Hasil belajar siswa menunjukkan 100% tuntas dan di uji dengan Ngain dengan presentase 40% kategori sedang serta mempunyai tingkat kepedulian terhadap lingkungan 86% kategori sangat peduli lingkungan. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa CD pembelajaran interaktif berbasis inkuiri layak dikembangkan dan efektif diterapkan pada materi pencemran lingkungan di SMA N 1 Gondang.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: CD pembelajaran, inetraktif, inkuiri, pencemaran lingkungan
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: Users 23382 not found.
    Date Deposited: 20 Jul 2016 14:14
    Last Modified: 20 Jul 2016 14:14

    Actions (login required)

    View Item