ANALISIS KUALITAS SOAL TES SUMATIF BAHASA PRANCIS BUATAN GURU DI KOTA PATI BERDASARKAN MATERI, KONSTRUKSI, DAN BAHASA

Novi Aristasari , 2301411019 (2016) ANALISIS KUALITAS SOAL TES SUMATIF BAHASA PRANCIS BUATAN GURU DI KOTA PATI BERDASARKAN MATERI, KONSTRUKSI, DAN BAHASA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS KUALITAS SOAL TES SUMATIF BAHASA PRANCIS BUATAN GURU DI KOTA PATI BERDASARKAN MATERI, KONSTRUKSI, DAN BAHASA ) - Published Version
Download (1615Kb)

    Abstract

    Pada umumnya, alat evaluasi dalam pendidikan adalah tes. Ada dua jenis tes yang sering digunakan guru, yaitu tes formatif dan tes sumatif. Tes buatan guru biasanya dibuat oleh masing-masing guru mata pelajaran atau Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) daerah setempat, begitu pun MGMP bahasa Prancis di kota Pati. Dalam hal pembuatan tes, MGMP bahasa Prancis di kota Pati menunjuk salah satu guru di SMA/MA yang terlibat untuk membuat soal. Jadi, masingmasing guru bahasa Prancis SMA/MA mendapat kesempatan membuat soal secara bergiliran, yang nantinya digunakan bersama di seluruh SMA/MA tersebut. Secara kualitatif, tes dikatakan baik jika telah memenuhi persyaratan penyusunan dari sisi materi, konstruksi, dan bahasa. Adapun dalam pembuatan soal, idealnya guru harus memperhatikan kaidah penyusunan soal dari segi materi, konstruksi, dan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas soal tes sumatif buatan guru bahasa Prancis SMA di kota Pati ditinjau dari segi materi, konstruksi, dan bahasa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah soal tes sumatif kelas XII semester 1 buatan guru bahasa Prancis SMA di kota Pati. Sumber data penelitian ini adalah bank soal yang ada pada masing - masing SMA di kota Pati. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Setelah data terkumpul yang berupa soal tes sumatif berbentuk pilihan ganda dan uraian, selanjutnya data dianalisis sesuai dengan kaidah penyusunan soal ditinjau dari segi materi, konstruksi, dan bahasa. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas soal tes sumatif buatan guru bahasa Prancis SMA di kota Pati ditinjau dari segi materi, konstruksi, dan bahasa memiliki kualitas tinggi. Untuk soal pilihan ganda, dari jumlah keseluruhan 45 soal, segi materi memperoleh skor 42, segi konstruksi memperoleh skor 32,88 dan segi bahasa memperoleh skor 40. Adapun untuk soal uraian, dari jumlah keseluruhan 5 soal, segi materi memperoleh skor 4,5 , segi konstruksi memperoleh skor 3,5 dan segi bahasa memperoleh skor 4.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Sumatif, Materi, Konstruksi, Bahasa.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    P Language and Literature > PB Modern European Languages
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 04 Feb 2016 13:34
    Last Modified: 04 Feb 2016 13:34

    Actions (login required)

    View Item