KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN ALAT PERAGA MANDIRI TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS-VII

Ema Khoerunnisa , 4101411132 (2015) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN ALAT PERAGA MANDIRI TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS-VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (3857Kb)

    Abstract

    Kemampuan komunikasi matematis adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa begitu juga dengan perilaku percaya diri. Namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis dan perilaku percaya diri masih belum sepenuhnya dimiliki oleh siswa khususnya kelas VII. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis dan percaya diri siswa masih rendah. Berbagai model dan strategi dikembangkan oleh para ahli untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis dan percaya diri. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mengembangkan kemampuan komunikasi matematis dengan pembelajaran TTW berbantuan alat peraga mandiri.Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 41 Semarang menggunakan pembelajaran TTW berbantuan alat peraga mandiri mencapai nilai minimal 75; (2) untuk mengetahui apakah rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 41 Semarang menggunakan pembelajaran TTW berbantuan alat peraga mandiri lebih baik dari rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan pembelajaran konvensional; dan (3) untuk mengetahui apakah skor percaya diri siswa kelas VII SMP Negeri 41 Semarang menggunakan pembelajaran TTW berbantuan alat peraga mandiri lebih tinggi dari skor percaya diri siswa menggunakan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 41 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling terpilih kelas sampel VII B sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen. Analisis data yang digunakan adalah uji rata-rata dan uji banding rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 41 Semarang yang menggunakan pembelajaran TTW berbantuan alat peraga mandiri mencapai nilai minimal 75; (2) rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 41 Semarang menggunakan pembelajaran TTW berbantuan alat peraga mandiri lebih baik dari rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan pembelajaran konvensional; dan (3) skor percaya diri siswa kelas VII SMP Negeri 41 Semarang menggunakan pembelajaran TTW berbantuan alat peraga mandiri lebih tinggi dari skor percaya diri siswa menggunakan pembelajaran konvensional.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: alat peraga mandiri, keefektifan, komunikasi matematis, percaya diri, Think Talk Write (TTW)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
    Depositing User: Users 23382 not found.
    Date Deposited: 04 Feb 2016 11:10
    Last Modified: 04 Feb 2016 11:10

    Actions (login required)

    View Item