PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SMART BOX DALAM PEMBELAJARAN SEPAK BOLA PADA SISWA SMPLB-C SWADAYA KENDAL TAHUN 2015

Rizqia Puspandari , 6101411070 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SMART BOX DALAM PEMBELAJARAN SEPAK BOLA PADA SISWA SMPLB-C SWADAYA KENDAL TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SMART BOX DALAM PEMBELAJARAN SEPAK BOLA PADA SISWA SMPLB-C SWADAYA KENDAL TAHUN 2015) - Published Version
Download (2415Kb)

    Abstract

    Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh informasi bahwa pembelajaran sepak bola Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Tunagrahita swadaya kendal belum terlaksana dengan maksimal, kurangnya guru dalam memberikan materi pembelajaran olahraga serta belum adanya kreatifitas guru dalam memodifikasi pembelajaran khususnya sepak bola dan kesulitan anak tunagrahita untuk mengerti tentang teknik yang ada di dalam sepak bola. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Pengembangan Model Permainan Smart Box Dalam Pembelajaran Sepak Bola Pada Siswa SMPLB-C Swadaya Kendal Tahun 2015?" Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan Produk Pengembangan Model Permainan Smart Box Dalam Pembelajaran Sepak Bola Pada Siswa SMPLB-C Swadaya Kendal Tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan penelitian yaitu; (1) melakukan analisis kebutuhan yang akan dikembangkan melalui prosedur pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model permainan Smart Box), (3) uji validasi ahli yaitu menggunakan satu ahli penjas dan satu ahli pembelajaran penjasorkes sekolah menengah pertama luar biasa khusus tunagrahita, serta uji coba skala kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji skala kecil. Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji skala besar. (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba lapangan, (7) hasil akhir model permainan Smart Box bagi siswa kelas VIII yang dihasilkan melalui revisi uji skala besar. Berdasarkan hasil Uji skala kecil diperoleh persentase 82,67%(baik), dari evaluasi Ahli Uji skala kecil diperoleh persentase sebesar 91,35% (sangat baik), Hasil Penelitian Uji skala besar diperoleh persentase 89,20% (baik), dari evaluasi Ahli Uji skala besar 94,23% (sangat baik) Berdasarkan hasil penelitian produk tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan model permainan Smart Box ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran penjasorkes khususnya permainan sepak bola bagi siswa kelas VIII Sekolah Menengah pertama Luar Biasa Tunagrahita Swadaya Kendal. Saran bagi guru penjasorkes Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Tunagrahita Swadaya dapat menggunakan permainan Smart Box saat pembelajaran Sepak Bola.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengembangan, sepak bola, Smart Box, Disable
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    O Sport > Education, Training, Research
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 02 Feb 2016 08:43
    Last Modified: 02 Feb 2016 08:43

    Actions (login required)

    View Item