IMPLEMENTASI OUTDOOR STUDY PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI HIDROSFER KELAS VII SMP N 2 BUKATEJA, PURBALINGGA TAHUN 2014/2015

Revina Novanti , 3201411157 (2015) IMPLEMENTASI OUTDOOR STUDY PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI HIDROSFER KELAS VII SMP N 2 BUKATEJA, PURBALINGGA TAHUN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1426Kb)

    Abstract

    Implementasi metode outdoor study dalam proses pembelajaran IPS adalah salah satu usaha untuk mengetahui penerapan metode outdoor study pada materi hidrosfer dan mengetahui aktivitas peserta didik dalam pelaksanaan outdoor study. Tujuan didalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode outdoor study pada materi hidrosfer. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N 2 Bukateja, Purbalingga tahun pembelajaran 2014 / 2015. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan random sampling sehingga terpilih sampel yaitu peserta didik kelas VIID sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes, angket dan observasi. Metode anailisis butir soal menggunakan uji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Metode analisis data menggunakan dua yaitu analisis deskriptif presentase dan uji-t untuk menghitung hasil belajar siswa secara kognitif. Berdasarkan hasil analisis perhitungan ini diketahui dari hasil posttest kelas eksperimen yang menggunakan metode outdoor study memiliki rata-rata lebih tinggi dari hasil pretest. Nilai rata-rata pretest sebesar 58,24 dan mengalamai peningkatan nilai posttest sebesar 73,68. Oleh karena itu ada pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dalam menggunakan metode outdoor study pada mata pelajaran IPS materi hidrosfer. Simpulan dalam penelitian ini bahwa implementasi metode outdoor study pada mata pelajaran IPS materi hidrosfer berpengaruh positif terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik. Saran bagi penelitian ini metode outdoor study diterapkan sebagai alternatif pembelajaran IPS karena peserta didik bisa melihat objek secara langsung yang diamati sesuai materi pokok yang diajarkan. Namun juga harus dipertimbangkan mengenai waktu pelaksanaan, biaya, dan keamanan peserta didik dalam proses pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Implementasi, Outdoor Study,Hidrosfer
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
    Depositing User: Users 23382 not found.
    Date Deposited: 02 Feb 2016 07:21
    Last Modified: 02 Feb 2016 07:21

    Actions (login required)

    View Item