AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE KOMPETENSI DASAR HIDROSFER KELAS X MA DARUL HIKAM KABUPATEN KUDUS

Taufikur Rohman , 3201411140 (2011) AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE KOMPETENSI DASAR HIDROSFER KELAS X MA DARUL HIKAM KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1207Kb)

    Abstract

    Belajar merupakan aktivitas, sebab pada prinsipnya belajar adalah berbuat. Berbuat untuk melakukan tingkah laku, jadi melakukan kegiatan. Tidak ada belajar kalau tidak ada aktivitas. Aktivitas merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, Proses belajar siswa dikatakan baik apabila mendapat hasil yang optimal. Model pembelajaran Think-Pair-Share merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa agar lebih aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat aktivitas belajar siswa model pembelajaran Think Pair Share dalam mata pelajaran geografi kompetensi dasar hidrosfer. Penelitian populasi adalah di siswa kelas X MA Darul Hikam Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 94 siswa. Karena jumlah populasi kurang dari 100 maka seluruh anggota populasi dijadikan objek penelitian. Metode pengumpul data dengan dokumentasi dan observasi, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah deskripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum aktivitas belajar siswa dengan model Think Pair Share kompetensi dasar hidrosfer kelas X MA Darul Hikam Kabupaten Kudus termasuk dalam kriteria aktif. Aktivitas belajar siswa dalam berpikir menunjukkan bahwa 75,53% termasuk dalam kategori aktif, hal itu terlihat dari kemampuan siswa dalam mengidentifikasi gambar daerah aliran sungai. Aktivitas belajar siswa dalam berpasangan menunjukkan bahwa 82,57% termasuk dalam kategori aktif, hal itu terlihat dari keaktifan siswa berdiskusi dengan pasangannya untuk memecahkan masalah. Aktivitas belajar siswa dalam berbagi menunjukkan bahwa 51,06% termasuk dalam kategori aktif, hal tersebut terlihat dari siswa saling saling berbagi dengan teman sekelasnya atas hal yang telah didapatkan dari diskusi dengan pasangannya. Saran yang dapat diberikan yaitu: guru untuk selalu menerapkan model pembelajaran belajar yang menuntut siswa agar aktif dalam pembelajaran. Siswa dalam mata pelajaran geografi untuk meningkatkan aktivitas belajarnya karena dengan aktivitas belajar yang tingi akan diperoleh hasil belajar yang tinggi pula.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Think-Pair-Share
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
    Depositing User: Users 23382 not found.
    Date Deposited: 02 Feb 2016 07:20
    Last Modified: 02 Feb 2016 07:20

    Actions (login required)

    View Item