IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MITIGASI BENCANA TANAH LONGSOR BERBASIS MASALAH DI KELAS X MIA IMERSI 1 SMA NEGERI KARANGPANDAN KABUPATEN KARANGANYAR

Diana Nur Indahwati , 3201411111 (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MITIGASI BENCANA TANAH LONGSOR BERBASIS MASALAH DI KELAS X MIA IMERSI 1 SMA NEGERI KARANGPANDAN KABUPATEN KARANGANYAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (2406Kb)

    Abstract

    Siswa kelas X MIA Imersi 1 SMA Negeri Karangpandan masih memiliki tingkat pengetahuan dan pemahaman yang rendah terhadap mitigasi bencana tanah longsor daripada kelas X MIA Imersi 2. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran dan pemahaman siswa, (2) Mengevaluasi efektivitas pembelajaran, (3) Mengetahui kendala dalam pembelajaran mitigasi bencana tanah longsor berbasis masalah kelas X MIA Imersi 1 di SMA Negeri Karangpandan. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA Imersi di SMA Negeri Karangpandan yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 56 siswa. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas X MIA Imersi 1 yang berjumlah 27 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel mengenai (1) Implementasi pembelajaran dan pemahaman siswa, (2) Efektivitas pembelajaran, (3) Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran mitigasi bencana tanah longsor berbasis masalah. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara, observasi, dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pembelajaran terkait dengan active learning, aktivitas belajar siswa, kolaborasi, penyelidikan autentik, pemahaman siswa, refleksi pengetahuan, guru sebagai fasilitator dan kemampuan menghasilkan produk sudah berjalan sesuai tahapan dan kriteria indikator dalam kategori sangat baik, (2) Pembelajaran ini dikatakan efektif karena aktivitas belajar siswa (5M) telah mencapai indikator keberhasilan, kinerja guru dalam kategori sangat baik (93,88%), respon siswa masuk dalam kategori tinggi (70,12%), dan, (3) Terdapat beberapa kendala dari aspek sarana dan prasarana, alokasi waktu, dan karakteristik siswa sedangkan aspek perencanaan pembelajaran dan situasi pembelajaran tidak mengalami kendala. Simpulan penelitian ini yaitu: (1) proses pembelajaran telah terpenuhi dan terlaksana dengan sangat baik (2) pembelajaran mitigasi bencana tanah longsor berbasis masalah berlangsung dengan efektif berdasarkan indikator aktivitas belajar siswa, minat belajar siswa dan kinerja guru (3) kendala yang dialami pada pembelajaran mitigasi bencana tanah longsor berbasis masalah berupa keterbatasan sarana dan prasarana penunjang observasi lapangan, karakteristik siswa yang beragam dan keterbatasan waktu pembelajaran. Saran dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIA Imersi 1 diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajarnya (5M) dengan terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran; memupuk rasa ingin tahu dan minat belajar yang tinggi; berperan aktif secara individual maupun kelompok dalam melaksanakan penyelidikan autentik; dan mampu membangun pengetahuan dan pemahamannya sendiri melalui belajar aktif agar mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari yang dapat memberikan pengaruh yang besar pada lingkungan disekitarnya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Berbasis Masalah, Mitigasi Bencana Tanah Longsor
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
    Depositing User: Users 23382 not found.
    Date Deposited: 02 Feb 2016 07:21
    Last Modified: 02 Feb 2016 07:21

    Actions (login required)

    View Item