PENGEMBANGAN MEDIA KARTU GAMBAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI I KEMBANG KABUPATEN JEPARA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2014/2015

Ulin Niam , 3201410022 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU GAMBAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI I KEMBANG KABUPATEN JEPARA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA KARTU GAMBAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI I KEMBANG KABUPATEN JEPARA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2014/2015 ) - Published Version
Download (6Mb)

    Abstract

    SMA Negeri I Kembang merupakan sekolah negeri yang belum lama berdiri. Dari segi fisik pembangunan fasilitas yang digunakan juga belum memadai secara keseluruhan. Dengan melihat RPP media gambar digunakan 30% dari total kegiatan pembelajaran yang direncanakan pada RPP. Selebihnya tidak menggunakan media pembelajaran. Untuk yang menggunakan media pembelajaran gambar berdasarkan tugas dan ulangan yang dihasilkan pada tahun ajaran tahun 2012/2013 memiliki rata-rata 77,33. Sedangkan yang tidak menggunakan media memiliki rata-rata 73,66. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D), tahapan penelitian R&D meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk,uji coba pemakaian. Variabel penelitian ini: tingkat tingkat pemanfaatan media disekolah, tigkat aktivita siswa pada saat pembelajaran dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan meliputi angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian pengembangan media kartu gambar mempunyai tingkat kelayakan media sebesar 46 dan materi 45. Dari total skor validasi ahli materi dengan kriteria layak digunakan pada pembelajaran disekolah. Sedangkan validasi media dari guru mempunyai skor 47 dan skor 48 dengan kriteria layak. Pada tingkat penggunaan media berdasarkan hasil research yaitu memiliki skor sebesar 62,64 dengan kriteria cukup. Sedangkan hasil aktivitas siswa memiliki tingkat aktivitas siswa dengan total skor rata-rata 2,27 dan mengalami peningkatan pada pertemuan kedua dengan tingkat aktivitas rata-rata sebesar 2,57. Aktivitas siswa dengan menggunakan media kartu gambar mengalami peningkatan rata-rata sebesar 0,3 dan memiliki total skor rata-rata antara aktivitas pertama dan kedua pada kriteria tinggi dengan skor 2,42. Pada hasil tersebut tingkat efektivitas penggunaan media kartu gambar mempunyai kriteria tinggi yang dapat dikatakan efektif. Simpulan dari penelitian ini yaitu: Sekolah SMA Negeri 1 Kembang memiliki tingkat pemanfaatan yang cukup. Akan tetapi, memiliki tingkat sarana-prasarana yang kurang memadai. Dalam mengembangkan media visual, media gambar adalah media yang efektif untuk dikembangkan. Karena tingkat penggunaan media gambar dalam kriteria tinggi maka tingkat penggunaan media gambar dikatakan efektif. Saran dalam penelitian ini adalah peningkatan sarana yang ada. Untuk memenuhi kebutuhan media visual, media gambar adalah media yang efektif dikembangkan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengembangan, media pembelajaran, aktivitas siswa, kartu gambar
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 28 Jan 2016 07:48
    Last Modified: 28 Jan 2016 07:48

    Actions (login required)

    View Item