KEMAMPUAN GURU MENJELASKAN DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KTSP DI SD KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG

UMI LAELATUSY SYARIFAH , 1401411585 (2015) KEMAMPUAN GURU MENJELASKAN DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KTSP DI SD KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KEMAMPUAN GURU MENJELASKAN DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KTSP DI SD KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG ) - Published Version
Download (1967Kb)

    Abstract

    Kemampuan menjelaskan merupakan kemampuan mengajar yang sangat ditentukan oleh pengetahuan dan kreativitas guru. Tidak ada dua orang guru yang menerapkan kemampuan mengajar secara persis sama. Jadi selama proses pembelajaran, kemampuan menjelaskan sangat mendominasi dan sering dilakukan guru. Data awal yang diperolehmengenai kemampuan guru menjelaskan melalui kegiatan PPL yang telah dilaksanakan belum optimal, guru belum menerapkan komponen yang ada dalam kemampuan menjelaskan. Penggunaan media juga belum dilakukan secara maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan guru dalam menjelaskan pembelajaran tematik berbasis KTSP pada Sekolah Dasar Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan menjelaskan pembelajaran tematik berbasis KTSP yang dilakukan oleh guru Sekolah Dasar di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang di dalam kelas. Jenis penelitian: penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan dalam 3 pertemuan di 5 SD dalam waktu yang berbeda. Subjek penelitian adalah guru kelas 1, 2 dan 3 dimasing-masing 5 SD Negeri di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil pengamatan atau observasi pada penelitian ini terhadap kemampuan guru menjelaskan yang dibuat dalam 10 indikator dalam 3 pertemuan dapat disimpulkan sebagai berikut, SDN Purwoyoso 02 mendapatkan nilai persentase tertinggi yang mencapai 81,12%. Kemudian SDN Ngaliyan 05 mencapai nilai persentase 75,57%, SDN Kalipancur 02 dengan nilai persentase 74,64%, SD Negeri Bringin 01 mencapai nilai persentase 74,04%, dan SDN Podorejo 01 mencapai 72,57%. Sehingga secara keseluruhan persentase yang didapatkan dapat dikategorikan baik. Simpulan dari penelitian ini adalah guru sudah menerapkan komponen dari menjelaskan sehingga kemampuan menjelaskan guru yang dilakukan juga bisa dikategorikan baik dan mampu membuat siswa senang dalam mengikuti pembelajaran. Saran bagi guru adalah hendaknya dalam mengajar gurumenggunakan model dan media pembelajaran inovatif dan variatif sehingga dapat meningkatkan ketertarikan, minat, dan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kemampuan Guru Menjelaskan,KTSP, Pembelajaran Tematik
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 28 Jan 2016 06:55
    Last Modified: 28 Jan 2016 06:55

    Actions (login required)

    View Item