PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) DENGAN MEMBUAT MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

Idha Zuly Astutik , 4301411008 (2015) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) DENGAN MEMBUAT MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (4067Kb)

    Abstract

    Kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit karena mempelajari konsep-konsep dan hitungan matematis. Diperlukan metode yang tepat agar siswa menganggap mata pelajaran kimia merupakan pelajaran yang mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) dengan membuat mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 10 Semarang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen diberi metode Two Stay Two Stray (TS-TS) dengan membuat mind mapping dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol diberi metode konvensional. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode dokumentasi, observasi, tes dan angket. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai post-test kelas eksperimen dan kontrol sebesar 85,73 dan 76,49. Hasil uji perbedaan rata-rata menunjukan bahwa rata-rata nilai pos-test kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Analisis pengaruh terhadap hasil belajar siswa diperoleh koefisien korelasi biserial (rb) sebesar 0,62 dengan koefisien determinasi (KD) sebesar 37,89 %. Hasil deskriptif hasil belajar ranah afektif dan psikomotorik menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) dengan membuat mind mapping berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan sebesar 37,89 %.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Mind Mapping, Two Stay Two Stray (TS-TS).
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
    Depositing User: Users 23382 not found.
    Date Deposited: 28 Jan 2016 05:09
    Last Modified: 28 Jan 2016 05:09

    Actions (login required)

    View Item