ANALISIS PERAN STRUKTUR MODAL DAN RISIKO SISTEMATIK DALAM MEMEDIASI PENGARUH PELUANG BERTUMBUH TERHADAP KOEFISIEN RESPON LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014)

Rahmat Syarifulloh , 7211411134 (2015) ANALISIS PERAN STRUKTUR MODAL DAN RISIKO SISTEMATIK DALAM MEMEDIASI PENGARUH PELUANG BERTUMBUH TERHADAP KOEFISIEN RESPON LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS PERAN STRUKTUR MODAL DAN RISIKO SISTEMATIK DALAM MEMEDIASI PENGARUH PELUANG BERTUMBUH TERHADAP KOEFISIEN RESPON LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014)) - Published Version
Download (1742Kb)

    Abstract

    Perusahaan yang mampu menghasilkan laba sering direspon positif oleh para pelaku pasar. Hal ini didasarkan pada ekspektasi manfaat yang diperoleh para pelaku pasar di masa mendatang dari keputusan investasinya. Namun, pada periode 2012 sampai 2014 terdapat beberapa perusahaan yang mampu menghasilkan laba tetapi sahamnya tidak mengalami pergerakan. Berdasarkan kasus tersebut, tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menguji secara empiris pengaruh peluang bertumbuh, struktur modal dan risiko sistematik terhadap koefisien respon laba. Selain itu, penelitian juga ditujukan untuk mengetahui ada tidaknya peran struktur modal dan risiko sistematik dalam memediasi pengaruh peluang bertumbuh terhadap koefisien respon laba. Populasi penelitian terdiri dari perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2012 sampai 2014. Sampel ditentukan berdasarkan metode purposive sampling. Sampel yang memenuhi kriteria sebanya 27 perusahaan Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Pengujian hipotesis menggunakan program SPSS 21 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel peluang bertumbuh tidak berpengaruh terhadap koefisien respon laba, struktur modal dan risiko sistematik. Sedangkan variabel struktur modal dan risiko sistematik berpengaruh terhadap koefisien respon laba. Dilihat dari pengaruh mediasi, struktur modal dan risiko sistematik tidak memiliki pengaruh dalam memediasi pengaruh peluang bertumbuh terhadap koefisien respon laba. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perolehan laba yang diumumkan perusahaan tidak selalu direspon positif oleh pelaku pasar. Namun, ada komponen lain yang dipertimbangkan pelaku pasar dalam menginterpretasikan laba yang dihasilkan perusahaan, seperti tingkat penggunakan hutang, tingkat risiko, profitabilitas, informasi yang dipublikasikan perusahaan dan lain sebagainya. Disarankan bagi setiap perusahaan untuk melakukan pengungkapan lebih luas, sebab informasi yang dipublikasikan perusahaan menjadi media bagi pelaku pasar dalam menginterpretasikan laba yang diperoleh perusahaan, apakah laba tersebut menguntungkan bagi pelaku pasar atau merugikan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: koefisien respon laba, peluang bertumbuh, risiko sistematik, struktur modal.
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 20 Jan 2016 07:46
    Last Modified: 20 Jan 2016 07:46

    Actions (login required)

    View Item