PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKJ SMK HIDAYAH SEMARANG

Siti Fatmawati , 1102411015 (2015) PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKJ SMK HIDAYAH SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (2971Kb)

    Abstract

    Berdasarkan hasil observasi di SMK Hidayah Semarang, terdapat beberapa kendala dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas X TKJ. Nilai Bahasa Inggris siswa yang masih dibawah standar ketuntasan hasil belajar, minat belajar siswa rendah, kurangnya jam pelajaran, dan keterbatasan kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini. Mengatasi kendala tersebut dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang dapat merangsang kreatifitas siswa, menumbuhkan minat belajar, serta membantu guru dalam memberikan materi pembelajaran, salah satunya yaitu mobile learning berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana memproduksi mobile learning berbasis android dan seberapa efektif pengembangan mobile learning berbasis android pada pembelajaran Bahasa Inggris kelas X. Metode yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan ADDIE. Tahapan dalam penelitian ini diawali dengan mengumpulkan informasi, menganalisis kebutuhan, mengembangkan instrumen, merancang dan membuat mobile learning, penerapan pada pembelajaran, serta dilakukan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mobile learning berbasis android yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris kelas X. Hasil uji efektifitas dengan uji t satu sampel diperoleh hasil perhitungan pada α = 5% dengan db = 52 diperoleh ttabel = 2,007 dan thitung = 2, 337, sehingga ttabel = 2,007 < thitung = 2, 337. Karena thitung > ttabel , maka Ha diterima. Kesimpulannya bahwa mobile learning berbasis android efektif digunakan dalam pembelajaran. Guru perlu melakukan pemanfaatan dan pengembangan media pembelajaran guna menumbuhkan minat belajar siswa dan memudahkan dalam penyampaian materi pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Bahasa Inggris, Mobile Learning Berbasis Android, Pengembangan
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    P Language and Literature > PE English
    T Technology > T Technology (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: Users 23382 not found.
    Date Deposited: 20 Jan 2016 06:02
    Last Modified: 20 Jan 2016 06:02

    Actions (login required)

    View Item