PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR FISIKA DI SMA

Widodo , 4201411114 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR FISIKA DI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (3840Kb)

    Abstract

    Pendidikan diarahkan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik salah satunya kemampuan berpikir kreatif. Pembelajaran di sekolah masih menekankan pada perubahan kemampuan berpikir pada tingkat dasar, belum memaksimalkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa serta sering menggunakan pembelajaran yang berpusat pada guru daripada pembelajaran yang berpusat pada siswa. Hal ini menyebabkan turunnya kreativitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar fisika di SMA. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design.Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Sampling diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek dan XI IPA 2 sebagai kelas kendali dengan menerapkan pembelajaran berbasis inkuiri. Hasil analisis uji t untuk kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh nilai =2,158 dan = 2,00 untuk taraf signifikansi 5%. Hasil analisis uji t untuk hasil belajar kognitif siswa diperoleh nilai =3,67 dan = 2,00 untuk taraf signifikansi 5%. Hasil analisis uji t untuk hasil belajar afektif siswa diperoleh nilai =0,551 dan = 2,00 untuk taraf signifikansi 5%. Hasil analisis uji t untuk hasil belajar psikomotorik siswa diperoleh nilai =0,502 dan = 2,00 untuk taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis penelitian, dapat disimpulkan: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) terhadap kemamampuan berpikir kreatif siswa; (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) terhadap hasil belajar kognitif siswa; (3) Tidak terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) terhadap hasil belajar afektif siswa; dan (4) Tidak terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) terhadap hasil belajar psikomotorik siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar Fisika
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: Users 23382 not found.
    Date Deposited: 12 Jan 2016 05:01
    Last Modified: 12 Jan 2016 05:01

    Actions (login required)

    View Item