PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN METODE PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP

Syifa Alika Putri, 4201411074 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN METODE PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (3964Kb)

    Abstract

    IPA merupakan mata pelajaran yang sangat menarik dan banyak memerlukan pemahaman daripada hafalan pengetahuan berupa fakta, fenomena, konsep, prinsip, dan rumus tetapi merupakan sebuah proses penemuan. Proses belajar mengajar fisika seharusnya lebih menekankan pada pengalaman agar kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep peserta didik dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri dengan metode pictorial riddle dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa SMP. Desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Pretest-Posttest Design dan teknik yang digunakan yaitu purposive sampling. Uji statistika yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji gain ternormalisasi, uji t-test berpasangan. Hasil uji N-gain kemampuan berpikir kritis diperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,66 pada pemahaman konsep diperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,77. Pada kemampuan berpikir kritis hasil uji-t thitung (32,14) > ttabel (2,002) dan pada pemahaman konsep hasil uji-t thitung (43,00) > ttabel (2,002). Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan rata-rata kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri dengan metode pictorial riddle dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA siswa SMP.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: inkuiri, kemampuan berpikir kritis, pemahaman konsep, pictorial riddle
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > Q Science (General)
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: Users 23382 not found.
    Date Deposited: 11 Jan 2016 05:33
    Last Modified: 11 Jan 2016 05:33

    Actions (login required)

    View Item