IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PICTORIAL RIDDLE MELALUI GAMECRITICAL ZATHURA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Zidni Mardhotillah , 4201411064 (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PICTORIAL RIDDLE MELALUI GAMECRITICAL ZATHURA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (5Mb)

    Abstract

    Fisika merupakan pelajaran yang dianggap sukar oleh beberapa siswa. Hal ini menjadikan kurangnya motivasi belajar dan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi model pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk meningkatkan motivasi belajar dan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipeningkatkan motivasi belajar dan berikir kritis siswa SMP melalui penerapan model pembelajaran inkuiri Pictorial Riddle melalui Game Critical Zathura. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah control group pretest-posttest design. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, kuesioner dan lembar pretest postetest . Data yang diperoleh pada penlitian ini terdiri dari nilai pretest, nilai post-test. Data tersebut dianalisis menggunakan t-test dan uji gain. Dari hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata test evaluasi berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 82,81 dan kelas kontrol sebesar 75,91. Untuk hasil perhitungan dengan t-test dari nilai evaluasi berpikir kritis yaitu thitung=3,403 sedangkan ttabel=1,99 dengan Pada α = 5 % dengan dk = 32 + 32 - 2 = 62. Jadi thitung>ttabel, ini berarti hipotesis diterima. Untuk peningkatan evaluasi berpikir kritis siswa dilihat dari uji gain. Dari uji gain pada kelas eksperimen peningkatan evaluasi berpikir kritis pada kelas eksperimen berkategori tinggi. Observasi siswa dilakukan selama 3 hari selama pembelajaran, didapatkan hasil pada kelas eksperimen 54,68%; 66,67% & 73,17%, dan kelas kontrol 54,16%; 61,45%& 65,88%, sedangkan berdasarkan analisis angket motivasi belajar, didapatkan hasil pada kelas eksperimen 81,34% dan kelas kontrol 75,88%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri Pictorial Riddle melalui Game Critical Zathura mampu meningkatkan motivasi belajar dan berpikir kritis siswa SMP.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Inkuiri Pictorial Riddle, motivasi, berpikir kritis.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: Users 23382 not found.
    Date Deposited: 11 Jan 2016 05:32
    Last Modified: 11 Jan 2016 05:32

    Actions (login required)

    View Item