KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DILENGKAPI PENILAIAN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

Heni Dwi Astuti , 4201411057 (2015) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DILENGKAPI PENILAIAN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (3454Kb)

    Abstract

    Berbagai model pembelajaran dikembangkan untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa sehingga mampu bersaing manghadapi tantangan dunia. Berpikir kritis dapat dibiasakan melalui proses pembelajaran, termasuk pada proses pembelajaran fisika. Kurangnya kegiatan praktikummembuat proses dan berpikir kritis siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran inkuiri terbimbing dilengkapi penilaian portofolio untuk meningkatkan berpikir kritis siswa SMA. Metode penelitian ini adalah penelitian quasi experiment, dengan desain control group pre test post tes design. Ada dua kelas dalam penelitian ini, yaitu kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan X5 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan model pembelajaran inkuiri terbimbing dilengkapi penilaian portofolio dan kelas kontrol diberikan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan penilaian tes. Pengumpulan data berpikir kritis dilakukan melalui tes butir soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata tes berpikir kritis siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), (2) Rata-rata berpikir kritis siswa yang menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing dilengkapi penilaian portofolio lebih baik daripada berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran dengan penilaian tes, (3) Peningkatan pada aktivitas belajar siswa di kelas, (4) Peningkatan berpikir kritis siswa termasuk pada kriteria tinggi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dilengkapi penilaian portofolio efektif untuk meningkatkan berpikir kritis siswa. Disarankan model pembelajaran inkuiri terbimbing dilengkapi penilaian portofolio dapat diterapkan pada pokok bahasan suhu dan pemuaian zat padat untuk meningkatkan berpikir kritis siswa SMA.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Penilaian Portofolio
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Q Science > Q Science (General)
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: Users 23382 not found.
    Date Deposited: 11 Jan 2016 05:32
    Last Modified: 11 Jan 2016 05:32

    Actions (login required)

    View Item