IMPLEMENTASI FILM PENDEK BERTEMA PARIBASAN DALAM PEMBELAJARAN MEYIMAK SISWA KELAS VII SMP DIPONEGORO MAJENANG

Indah Wahyuningsih, 2601411022 (2015) IMPLEMENTASI FILM PENDEK BERTEMA PARIBASAN DALAM PEMBELAJARAN MEYIMAK SISWA KELAS VII SMP DIPONEGORO MAJENANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI FILM PENDEK BERTEMA PARIBASAN DALAM PEMBELAJARAN MEYIMAK SISWA KELAS VII SMP DIPONEGORO MAJENANG) - Published Version
Download (1667Kb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi di SMP Diponegoro Majenang menunjukkan bahwa keterampilan menyimak pada KD mendengarkan cerita bahasa Jawa belum dikuasai siswa secara maksimal. Hal ini karena belum ada media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami siswa. Siswa hanya diberi penugasan untuk menyimak materi cerita pada LKS yang dibacakan oleh guru, kemudian mengerjakan latihan soal. Di samping itu, dampak negatif yang timbul adalah siswa menjadi acuh ketika guru memberikan penjelasan di dalam kelas. Penelitian ini merujuk penelitian payung Utami (2014) yang telah menghasilkan materi ajar menyimak bertema paribasan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan materi dengan rumusan masalah (1) bagaimana perbedaan hasil pembelajaran menyimak kelas eksperimen yang menggunakan film pendek bertema paribasan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan film pendek bertema paribasan, (2) bagaimana perbedaan perilaku siswa dalam pembelajaran menyimak di kelas eksperimen yang menggunakan film pendek bertema paribasan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan film pendek bertema paribasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-eksperimental designs dalam bentuk Intact-Group Comparison. Pengambilan data penelitian menggunakan teknik tes, observasi, dan wawancara. Data hasil belajar dianalisis menggunakan program aplikasi SPSS 16, sedangkan data perilaku siswa dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan dua hal, yaitu (1) nilai rata-rata keterampilan menyimak cerita bahasa Jawa kelas eksperimen sebesar 83,52, sedangkan kelas kontrol sebesar 77,57. Hasil uji beda diperoleh t hitung = 10,159 dan sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Oleh karena tingkat signifikansi uji beda kurang dari 0,05%, maka dapat disimpulkan adanya berbedaan yang signifikan pada hasil belajar keterampilan menyimak pada KD mendengarkan cerita bahasa Jawa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, (2) siswa kelas eksperimen baik, serius, antusias, dan fokus mengikuti pembelajaran. Adapun perilaku siswa kelas kontrol kurang dalam aspek perhatian, keseriusan, antusias, respon, dan keaktifan. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang direkomendasikan yaitu guru dapat menggunakan film pendek bertema paribasan dalam pembelajaran menyimak cerita bahasa Jawa di SMP Diponegoro Majenang, sehingga siswa tidak mengalami kesulitan dalam pembelajaran menyimak bahasa Jawa, dan siswa dibiasakan menggunakan bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh basa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: film pendek bertema paribasan, menyimak
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
    L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 07 Jan 2016 07:34
    Last Modified: 07 Jan 2016 07:34

    Actions (login required)

    View Item