LATAR BELAKANG DAN KARAKTERISTIK PEKERJA SEKS KOMERSIAL (PSK) DI DUSUN PETAMANAN DESA BANYUPUTIH KECAMATAN BANYUPUTIH KABUPATEN BATANG

SIGIT PRASETYO , 3301411145 (2015) LATAR BELAKANG DAN KARAKTERISTIK PEKERJA SEKS KOMERSIAL (PSK) DI DUSUN PETAMANAN DESA BANYUPUTIH KECAMATAN BANYUPUTIH KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (6Mb)

    Abstract

    Pekerjaan adalah pintu gerbang untuk mendapatkan uang. Pekerjaan yang layak juga akan memberikan kesejahteraan bagi manusia itu sendiri. Pertumbuhan penduduk yang semakin bertambah pesat dan sempitnya lapangan pekerjaan kini menjadi masalah, sehingga timbul beberapa pekerjaan yang tidak layak seperti Pekerja Seks Komersial (PSK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang dan karakteristik PSK di lokalisasi Dusun Petamanan Desa Banyuputih, serta tanggapan masyarakat terhadap keberadaan PSK tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di lokalisasi Petamanan yang berada di kawasan pangkalan truk Banyuputih dan Dusun Petamanan Desa Banyuputih Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa alasan atau faktor penyebab wanita di lokalisasi Dusun Petamanan Desa Banyuputih bekerja sebagai PSK mayoritas adalah faktor ekonomi, walaupun ada faktor lain seperti frustrasi ditinggal suami, ditipu oleh seseorang yang tidak bertanggungjawab, dan hurahura. Rata-rata usia PSK berkisar 20-30 tahun, juga ada yang berusia 40 tahun. Pendidikannya hanya tamatan SD/sederajat dan SMP/sederajat. Mayoritas datang dari keluarga yang harmonis dan beragama Islam, walaupun hanya Islam KTP. Lingkungan terdahulu mereka mayoritas adalah petani, selain itu adalah usaha mebel dan kerja bangunan. Tanggapan masyarakat Dusun Petamanan Desa Banyuputih lebih bersikap netral, acuh tak acuh, dan cenderung membiarkan (permisif) terkait keberadaan lokalisasi dan PSK tersebut. Saran, pelatihan keterampilan tidak hanya sekadar pelatihan saja, tetapi ada tindak lanjut dari pelatihan tersebut, melaksanakan sosialisasi HIV/AIDS atau penyakit infeksi menular seksual lainnya baik dari Dinas Sosial maupun LSM, penyatuan/penyempitan lokalisasi di Kabupaten Batang, dan mendirikan panti rehabilitasi sendiri di Kabupaten Batang.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Latar Belakang, Karakteristik, Pekerja Seks Komersial (PSK).
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
    Depositing User: Users 22794 not found.
    Date Deposited: 07 Jan 2016 07:42
    Last Modified: 07 Jan 2016 07:42

    Actions (login required)

    View Item