EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PEER LESSONS TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 3 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Nur Izzah Saputri , 3101411068 (2015) EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PEER LESSONS TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 3 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2573Kb)

    Abstract

    Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 3 Demak menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran, guru belum dapat mendekatkan siswa dengan pengalaman belajarnya dan siswa masih kurang aktif dalam pembelajaran, dimana kemampuan tersebut dapat berdampak positif terhadap hasil belajar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah hasil belajar sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Demak yang menggunakan strategi pembelajaran aktif peer lessons ? (2) bagaimanakah hasil belajar sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Demak yang tidak menggunakan strategi pembelajaran aktif peer lessons ? (3) apakah terdapat perbedaan hasil belajar sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Demak yang menggunakan strategi pembelajaran aktif peer lessons dan yang tidak menggunakan strategi pembelajaran aktif peer lessons ?. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan strategi pembelajaran aktif peer lessons dengan kelas yang tidak menggunakan strategi pembelajaran aktif peer lessons. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Demak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI MIA 3 adalah kelas eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran aktif peer lessons, sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah hasil belajar sejarah siswa. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh rata-rata nilai post test kelas eksperimen 82,00 dan rata-rata kelas kontrol 71,92. Hasil uji t diperoleh t hitung = 5,90 dengan taraf signifikansi 5 % dan dk = 79, diperoleh t tabel = 1,99. Karena t hitung > t tabel, maka Ha diterima. Demikian halnya dengan menggunakan kriteria pengujian dua pihak bahwa jika nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 maka Ha diterima. Dalam hal ini, nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka Ha diterima yang artinya adanya perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Jadi dapat disimpulkan ada perbedaan antara hasil belajar sejarah kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan Strategi pembelajaran aktif peer lessons dengan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan khusus. Strategi pembelajaran dengan memberikan kesempatan pada siswa untuk belajar lewat teman sebayanya hendaknya diterapkan oleh guru sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran sejarah.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Peer Lessons, Hasil Belajar Sejarah
    Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
    L Education > L Education (General)
    L Education > LA History of education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
    Depositing User: Users 33446 not found.
    Date Deposited: 04 Dec 2015 06:59
    Last Modified: 04 Dec 2015 06:59

    Actions (login required)

    View Item