“Pengaruh Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Kereta Api Indonesia Daop IV Semarang”.

Mailul Hashfi, 7350406561 (2010) “Pengaruh Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Kereta Api Indonesia Daop IV Semarang”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (“Pengaruh Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Kereta Api Indonesia Daop IV Semarang”. ) - Published Version
Download (835Kb)

    Abstract

    PT. Kereta Api Daop IV Semarang adalah salah satu perusahaan milik pemerintah yang bergerak dalam bidang transportasi darat yang selalu berusaha untuk meningkatkan kinerjanya disektor jasa transportasi kereta api, baik itu berupa kualitas maupun SDM. Dari survei awal diketahui bahwa masih terdapat kelemahan dalam kinerja karyawan yang dilihat dari tingginya tingkat kehadiran karyawan dan indisipliner karyawan yang dapat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Permasalahan yang dikaji adalah sejauhmana pengaruh persepsi kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan secara parsial maupun simultan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis pengaruh persepsi kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada PT. Kereta Api Daop IV Semarang sebanyak 166 karyawan. Pengambilan sampel dengan teknik proporsional random sampling diperoleh sampel 62 karyawan. Metode pengambilan data dengan menggunakan angket (kuesioner) yang dibagikan kepada karyawan yang dijadikan sampel penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda dan koefisien determinasi. Hasil penelitian dengan analisis regresi diperoleh persamaan Y= 15.505 + 0.192X1 + 0.304X2. Hasil pengujian secara simultan diperoleh F hitung sebesar 36.915 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan uji t pengaruh persepsi kepemimpinan terhadap kinerja karyawan diperoleh persamaan Y = 20.098 + 0.274 X1 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan koefisien determinasi sebesar 43.5%, sedangkan pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan diperoleh persamaan Y = 21.267 + 0.491 X2 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan koefisien determinasi sebesar 38.5%. Hasil koefisien determinasi yang sudah disesuaikan sebesar 0,541 artinya 54,1% variabel kinerja karyawan dipengaruhi variabel independen kepemimpinan dan lingkungan kerja serta sisanya 45,9% dipengaruhi variabel variabel lain diluar penelitian. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif, signifikan kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan baik secara parsial maupun simultan. Disarankan kepada pihak manajemen untuk selalu menjaga hubungan yang baik dengan karyawan dan menciptakan suasana kerja yang lebih menyenangkan untuk meminimalisir terjadinya konflik antar karyawan maupun karyawan dengan pimpinan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 24 Mar 2011 05:12
    Last Modified: 24 Apr 2015 23:56

    Actions (login required)

    View Item