PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI DENGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS IV SD NGALIYAN 01 SEMARANG

Siti Zulaekha Setiawati, 1401410201 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI DENGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS IV SD NGALIYAN 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3100Kb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi awal kelas IV SD Ngaliyan 01 Semarang,ditemukan masalah pada pembelajaran yaitu beberapa siswa tidak ikut mengerjakan tugas kelompok, tidak semua siswa mengetahui dan memahami jawaban tugas yang diberikan guru, sehingga 18 dari 36 siswa memperoleh nilai pada muatan pelajaran Matematika dibawah KKM. Persentase ketuntasan klasikal hanya sebesar 52%. Berdasarkan masalah tersebut, dilakukan perbaikan dengan menggunakan model Numbered Head Together. Pada model Numbered Head Together setiap siswa menjadi siap semua dan dapat melakukan diskusi dengan sungguh-sungguh. Rumusan permasalahan umum penelitian ini adalah Bagaimanakah model Numbered Head Together dapat meningkatkan kualitas pembelajaran tema Selalu Berhemat Energi di kelas IV SD Ngaliyan 01? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tema Selalu Berhemat Energi dengan model Numbered Head Together di kelas IV SD Ngaliyan 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Satu siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku guru meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari rata-rata skor 17 menjadi 25. Perilau belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari rata-rata skor 10,35 menjadi 13,75. Media pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari rata-rata skor 8 menjadi 10,5. Materi pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari rata-rata skor 8 menjadi 11. Iklim pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari rata-rata skor 3,5 menjadi 5,5. Kompetensi pengetahuan siswa meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu ketuntasan belajar secara klasikal 69,5% menjadi 82%. Kompetensi keterampilan meningkat dari siklus I ke siklus II dengan skor capaian optimum 3,87 menjadi 4. Kompetensi sikap spiritual pada siklus I dan siklus II memperoleh skor modus 3 (Baik). Kompetensi sikap sosial pada siklus I dan siklus II memperoleh skor modus 3 (Baik). Simpulan penelitian ini adalah dengan model Numbered Head Together dapat meningkatkan kualitas pembelajaran tema Selalu Berhemat Energi di kelas IV SD Ngaliyan 01 Semarang. Saran dari peneliti yaitu hendaknya guru menggunakan model pembelajaran yang inovatif salah satunya adalah NHT.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, number head together
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: imanda fachruddin unnes
    Date Deposited: 22 Nov 2015 19:12
    Last Modified: 22 Nov 2015 19:12

    Actions (login required)

    View Item