PENGARUH KEPUASAN KERJA, STRES KERJA, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA KARYAWAN CV. ANEKA ILMU SEMARANG

Dwiningtyas, 7311410006 (2015) PENGARUH KEPUASAN KERJA, STRES KERJA, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA KARYAWAN CV. ANEKA ILMU SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3159Kb)

    Abstract

    Kinerja perusahaan ditentukan oleh kondisi dan perilaku karyawan yang dimiliki perusahaan. Bentuk perilaku karyawan yang tidak dapat dicegah adalah keinginan berpindah (turnover intention). Tingkat turnover karyawan yang tinggi mengakibatkan organisasi menjadi tidak efektif, kehilangan karyawan berpengalaman dan perlu melatih karyawan baru. Kepuasan kerja yang tinggi serta lingkungan kerja yang baik akan berpengaruh pada menurunnya tingkat turnover intention, sedangkan stres kerja yang tinggi akan berpengaruh pada meningkatnya turnover intention. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepuasan kerja (X1), stres kerja (X2), dan lingkungan kerja (X3) terhadap turnover intention (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan CV. Aneka Ilmu Semarang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 69 karyawan, menggunakan metode slovin. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian diketahui ada pengaruh negatif signifikan secara parsial kepuasan kerja,lingkungan kerja terhadap turnover intention dan pengaruh positif signifikan secara parsial stres kerja terhadap turnover intention pada karyawan CV. Aneka Ilmu Semarang. Berdasarkan uji t, kepuasan kerja diperoleh sig 0.037, stres kerja diperoleh sig 0.001, lingkungan kerja diperoleh sig 0.005 terhadap turnover intention < 0.05 maka H1, H2 dan H3 diterima. Penelitian ini menyimpulkan ada pengaruh negatif signifikan kepuasan kerja dan lingkungan kerja serta ada pengaruh positif signifikan stres kerja terhadap turnover intention karyawan pada CV. Aneka Ilmu Semarang. Saran bagi perusahaan sebaiknya memberikan kenaikan gaji yang layak, menempatkan karyawan sesuai dengan keahlian, menambah pegawai kebersihan. Bagi peneliti lain dapat menambahkan objek dan variabel lain.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kepuasan Kerja, Lingkungan Kerja, Stres Kerja, Turnover Intention
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: nur fatihah unnes
    Date Deposited: 14 Nov 2015 15:35
    Last Modified: 14 Nov 2015 15:35

    Actions (login required)

    View Item