PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN PEDAGANG BAJU BATIK DI PASAR KLEWER SOLO

Rohmad Sri Andoyo, 7311409009 (2015) PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN PEDAGANG BAJU BATIK DI PASAR KLEWER SOLO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2504Kb)

    Abstract

    Salah satu kunci sukses sebuah perusahaan adalah bagaimana perusahaan tersebut dapat beradaptasi terhadap lingkungannya yang selalu berubah setiap waktu. Kesadaran dalam meningkatkan orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan sangatlah penting guna memberikan nilai lebih bagi para pedagang dimata konsumen. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran secara parsial maupun simultan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagan baju batik pasar Klewer Solo dan sampel yang diambil sebayak 94 responden yang diperoleh dengan perhitungan rumus Slovin. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive random sampling . Metode pengumpulan data metode kuesioner, dan studi kepustakaan. Metode analisis yaitu uji instrument (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik menggunakan SPSS statistics version 19. Hasil penelitian ini dengan analisis regresi diperoleh Y = 5,967 + 0,430X1 + 0,421X2 + e. Hasil pengujian secara parsial menunjukan orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan signifikan kinerja pemasaran. Hasil pengujian secara simultan diperoleh Fhitung = 55,478 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 0,54, dalam hal ini dapat diartikan bahwa pembelian tidak terencana dijelaskan oleh pelayanan ritel dan atmosfir dalam toko sebesar 54%, sedangkan sisanya 46% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Simpulan dari penelitian ini adalah semakin tinggi orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan maka semakin tinggi pula tingkat kinerja pemasaran. Saran bagi pedagang baju batik pasar klewer solo agar lebih memperhatikan apa yang diminati oleh para konsumen. Serta lebih berani dalam mengambil resiko untuk memunculkan mode-mode baru. Bagi peneliti lain agar mencari objek lain yaitu di pasar yang lebih modern.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kinerja Pemasaran, Orientasi Kewirausahann, dan Orientasi Pasar.
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: nur fatihah unnes
    Date Deposited: 14 Nov 2015 15:26
    Last Modified: 14 Nov 2015 15:26

    Actions (login required)

    View Item