PENINGKATAN KETERAMPILAN BICARA ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA (WAYANG BEBER TEMATIK) DI KELOMPOK BERMAIN AL-JAUHARIYYAH MUSLIMAT NU KAJEN MARGOYOSO PATI

FATIMATUS SYA’DIYAH, 1601911006 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN BICARA ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA (WAYANG BEBER TEMATIK) DI KELOMPOK BERMAIN AL-JAUHARIYYAH MUSLIMAT NU KAJEN MARGOYOSO PATI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3052Kb)

    Abstract

    Keterampilan bicara adalah kecakapan atau kemampuan seseorang dalam menyampaikan ide, gagasan, pikiran dan perasaaan kepada orang lain menggunakan bahasa lisan dengan jelas, benar dan dapat difahami orang lain. Keterampilan bicara dapat diasah melalui berbagai metode, diantaranya adalah metode bercerita. Bercerita adalah salah satu keterampilan yang sangat imajinatif dan komunikatif. Oleh sebab itu, bercerita sangat penting digunakan dalam mengasah keterampilan bicara. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, keterampilan bicara anak B1 KB Al Jauhariyyah Muslimat NU Kajen rendah. Hal ini disebabkan pengembangan kegiatan yang menggali keterampilan bicara sering ditinggalkan, kurangnya kesempatan untuk mengekspresikan dan mengungkapkan gagasan yang dimiliki oleh anak. Dan guru juga kurang melakukan inovasi dengan metode dan media yang lebih menarik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu bagaimana peningkatan keterampilan bicara anak melalui bercerita wayang beber tematik di KB Al-Jauhariyyah Muslimat NU Kajen Margoyoso Pati? Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah implementasi peningkatan keterampilan bicara anak melalui bercerita wayang beber tematik di KB Al-Jauhariyyah Muslimat NU Kajen Margoyoso Pati. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Peneitian ini termasuk penelitian kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa B1 usia 3-4 tahun KB Al Jauhariyyah Muslimat NU Kajen Margoyoso Pati sebanyak 14 siswa. Hasil analisis data terjadi peningkatan ketuntasan belajar sebesar 62% pada siklus I dan 85% pada siklus II. Ini berarti metode bercerita wayang beber tematik dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan bicara anak di KB Al Jauhariyyah Muslimat NU Kajen Margoyoso Pati.Dengan adanya peningkatan tersebut, menunjukkan bahwa metode bercerita wayang beber tematik dapat berhasil dengan baik atau memenuhi batas ketuntasan yang ditentukan yaitu sebesar 80%.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Keterampilan Bicara, Metode Bercerita (Wayang Beber Tematik)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
    Depositing User: muhammad farhan unnes
    Date Deposited: 14 Nov 2015 14:53
    Last Modified: 22 Nov 2015 18:37

    Actions (login required)

    View Item