PENGARUH KONFLIK ANTARA PEKERJAAN-KELUARGA PADA KINERJA KARYAWAN DENGAN KELELAHAN EMOSIONAL SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI (Studi Kasus Pada Dosen UNNES)

Umi Dwi Poernomo, 7311411167 (2015) PENGARUH KONFLIK ANTARA PEKERJAAN-KELUARGA PADA KINERJA KARYAWAN DENGAN KELELAHAN EMOSIONAL SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI (Studi Kasus Pada Dosen UNNES). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1532Kb)

    Abstract

    Kinerja dosen merupakan hal yang penting yang dapat mempengaruhi jalannya suatu instansi akademik. Kinerja dosen itu sendiri dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, Konflik antara pekerjaan-keluarga dapat menjadi faktor penting yang dapat menurunkan kinerja dosen. Konflik antara pekerjaan-keluarga yang tinggi akan mengakibatkan kelelahan emosional pada dosen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konflik antara pekerjaan-keluarga pada kinerja dosen dengan kelelahan emosional sebagai variabel mediasi, Populasi dalam penelitian ini adalah dosen Universitas Negeri Semarang dengan teknik pengambilan data proportionate random dan penghitungan jumlah sampel menggunakan rumus slovin yang diketahui sebesar 92 dosen Universitas Negeri Semarang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi, dan analisis jalur(path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif signifikan konflik antara pekerjaan-keluarga pada kelelahan emosional. Hasil juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang negatif signifikan antara kelelahan emosional pada kinerja dosen. Sedangkan konflik antara pekerjaan- keluarga menunjukkan hasil yang negatif namun tidak signifikan terhadap kinerja dosen. Kelelahan emosional terbukti memediasi hubungan konflik antara pekerjaan-keluarga pada kinerja dosen, yang ditunjukkan dengan nilai t hitung pengaruh tidak langsung 4.1483 < t tabel (1.987). Kesimpulan dari penelitian ini adalah konflik antara pekerjaan-keluarga sangat berperan penting untuk mengukur kinerja dosen. Hal ini menunjukkan bahwa, untuk memunculkan kinerja dosen, Universitas Negeri Semarang harus dapat menyeimbangkan peran antara tuntutan pekerjaan dan tuntutan keluarga agar tidak terjadi keleleahan emosional.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Konflik Antara Pekerjaan-Keluarga, Kelelahan Emosional, Kinerja
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 13 Nov 2015 16:06
    Last Modified: 13 Nov 2015 16:06

    Actions (login required)

    View Item