PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE PADA PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE SAMSUNG (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES)

Nur Faiz Andrianto, 7311411161 (2015) PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE PADA PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE SAMSUNG (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1457Kb)

    Abstract

    Pada era globalisasi persaingan antar perusahaan semakin ketat, manusia dituntut untuk lebih aktif, hal yang sama juga harus dilakukan oleh manusia dalam memenuhi kebutuhan komunikasi mereka. Hal ini tentu mempengaruhi orang dalam memilih alat komunikasi. Dalam kondisi saat ini telepon genggam / handphone menjadi favorit masyarakat karena dianggap cara yang paling efektif dan efisien untuk berkomunikasi dengan orang lain. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh celebrity endorser dan brand image pada proses keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis adanya pengaruh celebrity endorser dan brand image secara parsial dan simultan. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang sebagai pengguna smartphone Samsung Sebanyak 115 responden dengan Purposive Judgement Sampling melalui kuesioner skala Likert. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan literatur. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 21. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan Y = 13.453+ 0.202X1 + 0,643X2 + e. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan memiliki F hitung 28,181 dengan nilai probabilitas 0,000 < 0,005 menunjukkan bahwa ada pengaruh celebrity endorser dan brand image pada proses keputusan pembelian. Sedangkan hasil uji hipotesis secara parsial dapat dilihat celebrity endorser memiliki t hitung 2,967 dengan nilai probabilitas 0,004 < 0,005, brand image memiliki t hitung 6,037 dengan nilai probabilitas 0,000 > 0,005. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endorser dan brand image berpengaruh secara parsial terhadap proses keputusan pembelian. Simpulan dari penelitian ini adalah terbukti bahwa ada pengaruh celebrity endorser dan brand image pada proses keputusan pembelian. Artinya semakin baik celebrity endorser yang digunakan dan brand image produk tersebut maka akan mempengaruhi proses keputusan pembelian. Saran yang dapat diberikan pada perusahaan adalah perusahaan harus menambah selebritis yang memiliki daya tarik lebih dan memberikan kebutuhan sesuai harapan konsumen smartphone Samsung. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat dilakukan pada objek yang lebih spesifik, sehingga kemungkinan didapat hasil penelitian yang berbeda, dan diharapkan untuk peneliti selanjutnya dapat juga menambah variabel lain yang belum ada dalam penelitian ini.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: celebrity endorser, brand image, proses keputusan pembelian
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 13 Nov 2015 15:50
    Last Modified: 13 Nov 2015 15:50

    Actions (login required)

    View Item