ANALISIS PENGARUH PENGUMUMAN PERUBAHAN HARGA BBM TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN TRADING VOLUME ACTIVITY (Studi Kasus pada Saham-Saham Kategori LQ-45 di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2015)

Ratna Desy Lestari, 7311411155 (2015) ANALISIS PENGARUH PENGUMUMAN PERUBAHAN HARGA BBM TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN TRADING VOLUME ACTIVITY (Studi Kasus pada Saham-Saham Kategori LQ-45 di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2015). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1112Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan adakah perbedaan abnormal return dan trading volume activity (TVA) sebelum dan sesudah peristiwa kenaikan harga BBM pada 18 November 2014 dan peristiwa penurunan harga BBM pada 19 Januari 2015. Penelitian ini menggunakan event study, dengan pengamatan terhadap abnormal return dan trading volume activity selama event period, yaitu 5 hari sebelum sampai dengan 5 hari sesudah pengumuman perubahan harga BBM. Populasi penelitian ini adalah seluruh saham perusahaan yang terdaftar pada kategori LQ-45 tahun 2014-2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 45 saham perusahaan pada event period pertama dan 45 saham perusahaan pada event period kedua. Analisis data yang digunakan adalah One-Samples Kolmogorov Smirnov Test untuk uji normalitas data, dan uji hipotesis menggunakan uji beda Paired Sample T-test untuk data yang berdistribusi secara normal dan uji beda Mann Whitney Test untuk data yang tidak berdistribusi secara normal. Hasil analisis uji beda menunjukkan terdapat perbedaan signifikan abnormal return pada periode sebelum-sesudah pengumuman kenaikan harga BBM. Namun, pada abnormal return periode sebelum-sesudah pengumuman penurunan harga BBM menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan. Hasil analisis pada trading volume activity baik sebelum-sesudah pengumuman kenaikan maupun sebelum-sesudah pengumuman penurunan harga BBM menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan. Saran bagi peneliti selanjutnya, dapat menggunakan variabel lain untuk menggambarkan reaksi yang ada dalam pengumuman kenaikan dan penurunan harga BBM seperti variabel return dan variabilitas tingkat keuntungan sehingga dapat diketahui perbedaannya untuk perbandingan hasil.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Abnormal Return, Trading Volume Activity, Pengumuman Perubahan Harga BBM
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 13 Nov 2015 15:40
    Last Modified: 13 Nov 2015 15:40

    Actions (login required)

    View Item