PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL PADA KINERJA KARYAWAN YANG DIMEDIASI OLEH GAYA MANAJEMEN KONFLIK KOLABORASI DAN KOMPROMI (Studi pada Karyawan Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah)

Meliana Kumala, 7311411152 (2015) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL PADA KINERJA KARYAWAN YANG DIMEDIASI OLEH GAYA MANAJEMEN KONFLIK KOLABORASI DAN KOMPROMI (Studi pada Karyawan Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1524Kb)

    Abstract

    Konflik merupakan suatu hal yang dapat menurunkankinerja karyawan.Dalam penyelesaian konflik, karyawan harus memiliki kecerdasanemosional dalam pengelolaan konflik.pengelolaan konflik dapat dilakukanmenggunakangaya manajemen konflik kolaborasidan kompromi untukmeningkatkan kinerja.Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh kecerdasan emosional, gaya manajemen konflik kolaborasi dan kompromi pada kinerja karyawan secara langsung dan secara tidak langsung yang dimediasi gaya kolaborasi dan gaya kompromi. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah yang berjumlah 171 karyawan.Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 120 karyawan yang diperoleh dengan menggunakan rumus slovin.Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling.Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner.Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, analisis regresi berganda secara parsial dan analisis jalur menggunakan SPSS for Windows versi 16. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa ada pengaruh langsung kecerdasan emosional pada gaya manajemen konflik kolaborasi (0.000<0.05), ada pengaruh langsung kecerdasan emosional pada gaya manajemen konflik kompromi (0.000<0.05), ada pengaruh lansung gaya manajemen konflik kolaborasi pada kinerja (0.000<0.05), ada pengaruh gaya manajemen konflik kompromi pada kinerja (0.000<0.05), ada pengaruh kecerdasan emosional pada kinerja (0.000<0.05). gaya manajemen konflik kolaborasi memediasi hubungan kecerdasan emosional pada kinerja (0.946>0.727), gaya manajemen konflik kompromi memediasi hubungan kecerdasan emosional pada kinerja (1.073>0.727)sehingga H1, 2, H3, H4, H5, H6, dan H7 diterima. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan pada gaya manajemen konflik kolaborasi dan kompromi. Gaya manajemen konflik kolaborasi dan kompromi berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja karyawan.Gaya manajemen konflik kolaborasi dan kompromi mampu memediasi hubungan kecerdasan emosional pada kinerja karyawan. Saran dari penelitian ini yaitu hendaknya perusahaan memberikan konseling untuk memberikan pemahaman tentang manfaat kecerdasan emosional untuk diri sendiri maupun dalam memahami kondisi orang lain, agar mampu mengelola konflik yang ada dan dapat meningkatkan kinerjanya dalam organisasi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Gaya Manajemen Konflik, Gaya Kolaborasi, Gaya Kompromi, dan Kinerja
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 13 Nov 2015 15:32
    Last Modified: 13 Nov 2015 15:32

    Actions (login required)

    View Item