PENGARUH STRUKTUR MODAL, KEBIJAKAN DIVIDEN, KEPUTUSAN INVESTASI, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan yang Efeknya Terdaftar di Daftar Efek Syariah Tahun 2011-2013)

Mahani Alfianti Sudarsono, 7311411142 (2015) PENGARUH STRUKTUR MODAL, KEBIJAKAN DIVIDEN, KEPUTUSAN INVESTASI, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan yang Efeknya Terdaftar di Daftar Efek Syariah Tahun 2011-2013). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1276Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh struktur modal, kebijakan dividen, keputusan investasi dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Variabel nilai perusahaan diproksikan dengan Price Book Value Ratio (PBV), struktur modal diproksikan dengan Debt to Equity Ratio (DER), kebijakan dividen diproksikan dengan Dividend Payout Ratio (DPR), keputusan investasi diproksi dengan Earning per Share (EPS), dan Profitabilitas diproksikan dengan Return on Assets (ROA) dan Return on Equity (ROE). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang efeknya terdaftar di Daftar Efek Syariah Tahun 2011-2013 sebanyak 365 perusahaan. Sampel penelitian sebanyak 56 perusahaan dengan metode purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan DER, DPR, ROA tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan, ROE berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan EPS berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan dengan tingkat signifikansi 0.000 ≤ 0.05. Kesimpulan penelitian ini adalah EPS dan ROE berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah menambahkan periode penelitian, menambahkan rasio variabel struktur modal (Debt to Total Asset). Saran bagi perusahaan dan investor adalah untuk lebih memperhatikan keputusan investasi (EPS) dan profitabilitas (ROE) karena berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: nilai perusahaan, struktur modal, kebijakan dividen, keputusan investasi, profitabilitas
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HG Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 13 Nov 2015 15:18
    Last Modified: 13 Nov 2015 15:18

    Actions (login required)

    View Item