ANALISIS MANAJEMEN LABA DAN KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH AKUISISI (Pada Perusahaan di BEI yang melakukan akuisisi tahun 2009-2012)

Iffah Ummayah, 7311411131 (2015) ANALISIS MANAJEMEN LABA DAN KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH AKUISISI (Pada Perusahaan di BEI yang melakukan akuisisi tahun 2009-2012). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1234Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah perusahaan melakukan praktik manajemen laba dengan pola peningkatan laba sebelum melakukan akuisisi serta untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan sebelum dan sesudah perusahaan melakukan akuisisi. Manajemen laba diukur dengan proksi Discretionary Accruals (DA). Kinerja keuangan diukur dengan rasio keuangan, antara lain Net Profit Margin (NPM), Current Ratio (CR), Total Asset Turnover (TATO), Debt to Equity Ratio (DER). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan non-keuangan yang terdaftar di BEI pada tahun 2009-2012. Sampel penelitian diambil berdasarkan teknik purposive sampling dengan total sampel 28 perusahaan. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan uji beda T-test. Independent Sample T-test digunakan untuk menguji apakah perusahaan melakukan manajemen laba dengan pola peningkatan laba sebelum melakukan akuisisi. Uji Wilcoxon Signed Rank Test digunakan untuk menguji perbedaan kinerja keuangan sebelum dan sesudah perusahaan melakukan akuisisi. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa perusahaan pengakuisisi terbukti melakukan tindakan manajemen laba dengan pola peningkatan laba sebelum akuisisi. Sedangkan untuk NPM, CR, TATO, dan DER masing-masing menunjukkan nilai sebesar 0.632, 0.059, 0.127, dan 0.325 dengan signifikansi sebesar 0.05. maka hasil dalam penelitian ini membuktikan bahwa tidak ada perbedaan kinerja keuangan perusahaan pengakuisisi antara sebelum dan sesudah akuisisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah perusahaan melakukan praktik manajemen laba dengan pola peningkatan laba sebelum melakukan akuisisi serta untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan sebelum dan sesudah perusahaan melakukan akuisisi. Manajemen laba diukur dengan proksi Discretionary Accruals (DA). Kinerja keuangan diukur dengan rasio keuangan, antara lain Net Profit Margin (NPM), Current Ratio (CR), Total Asset Turnover (TATO), Debt to Equity Ratio (DER). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan non-keuangan yang terdaftar di BEI pada tahun 2009-2012. Sampel penelitian diambil berdasarkan teknik purposive sampling dengan total sampel 28 perusahaan. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan uji beda T-test. Independent Sample T-test digunakan untuk menguji apakah perusahaan melakukan manajemen laba dengan pola peningkatan laba sebelum melakukan akuisisi. Uji Wilcoxon Signed Rank Test digunakan untuk menguji perbedaan kinerja keuangan sebelum dan sesudah perusahaan melakukan akuisisi. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa perusahaan pengakuisisi terbukti melakukan tindakan manajemen laba dengan pola peningkatan laba sebelum akuisisi. Sedangkan untuk NPM, CR, TATO, dan DER masing-masing menunjukkan nilai sebesar 0.632, 0.059, 0.127, dan 0.325 dengan signifikansi sebesar 0.05. maka hasil dalam penelitian ini membuktikan bahwa tidak ada perbedaan kinerja keuangan perusahaan pengakuisisi antara sebelum dan sesudah akuisisi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Akuisisi, kinerja keuangan, manajemen laba
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 13 Nov 2015 15:07
    Last Modified: 13 Nov 2015 15:07

    Actions (login required)

    View Item