PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Karyawan bagian Expedisi PT. Enseval Putra Megatrading, Tbk Semarang)

PIPIT PUSPITASARI , 7311411128 (2015) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Karyawan bagian Expedisi PT. Enseval Putra Megatrading, Tbk Semarang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2128Kb)

    Abstract

    Permasalahan pada penelitian ini adakah pengaruh budaya organisasi dan pengembangan karir terhadap komitmen organisasi dan adakah pengaruh secara tidak langsung melalui kepuasan kerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan pengembangan karir terhadap komitmen organisasi dan menguji secara empiris apakah kepuasan kerja memediasi hubungan budaya organisasi terhadap komitmen organisasi dan pengembangan karir terhadap komitmen organisasi. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan bagian Expedisi PT. Enseval Putra Megatrading, Tbk Semarang. Penarikan sampel menggunakan teknik sampling jenuh atau sensus. Sampel ditetapkan sebanyak 80 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada karyawan. Metode analisis data menggunakan analisis regresi dan analisis jalur. Pada hasil analisis jalur budaya organisasi memiliki pengaruh tidak langsung terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja dengan nilai total pengaruh 0,361. Pengembangan karir memiliki pengaruh tidak langsung terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja dengan nilai total pengaruh 0,332. Pada hasil analisis regresi diperoleh kepuasan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen organisasi dengan nilai sig 0,003. Budaya organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen organisasi dengan nilai sig 0,005. Pengembangan karir berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen organisasi dengan nilai sig 0,028. Saran untuk perusahaan adalah meningkatkan rasa aman dengan pekerjaan, meningkatkan dukungan perusahaan dalam bentuk moril, dan meningkatkan sikap pimpinan dalam kepemimpinannya. Pada penelitian selanjutnya disarankan meneliti variabel lain yang mempengaruhi komitmen organisasi, dengan tidak menghilangkan peran dari kepuasan kerja sebagai variabel intervening.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Budaya Organisasi, Pengembangan Karir, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HF Commerce
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 13 Nov 2015 15:00
    Last Modified: 13 Nov 2015 15:00

    Actions (login required)

    View Item